spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Ice Skating Jadi Laga Eksebisi Porprov XIV Jabar, Sekda: Tunjukkan yang Terbaik

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) Jawa Barat menjadi kepengurusan cabang olahraga ice skating provinsi yang pertama kali menggelar pertandingan di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Seperti diketahui, Ice Skating menjadi cabang olahraga eksebisi pada gelaran Porprov XIV Jabar tahun 2022.

    Digelar di Garden Ice Ring, PVJ Mall, Jalan Sukajadi Kota Bandung, Selasa (15/11/2022), cabang olahraga ice skating mempertandingan dua nomor. Yakni nomor figure skating dan short track.

    “Eksebisi Porprov XIV Jabar cabor ice skating ini diikuti oleh enam daerah yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Garut. Jumlah atlet yang ikut sebanyak 40 atlet yang terdiri dari 26 atlet di nomor figure skating dan 14 atlet di nomor short track,” kata Ketua Umum Pengprov FISI Jabar, Wenda Aluwi di sela-sela pertandingan, Selasa (15/11/2022).

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar ice skating
    (FOTO: Ageng)

    Menjadi salah satu cabang olahraga eksebisi di Porprov XIV Jabar, diakui Wenda, merupakan sebuah tantangan sekaligus kehormatan. Pasalnya, kepengurusan FISI Jabar dibawah kepemimpinannya belum dilantik oleh PP FISI.

    “Usai terpilih, kami langsung dihadapkan pada kejuaraan nasional short track di Jakarta dan Alhamdulillah kita berhasil menjadi juara umum dengan raihan 2 emas, 6 perak, dan 3 perunggu. Sekarang, kami diberikan kesempatan oleh KONI Jabar sebagai cabor eksebisi di Porprov XIV Jabar,” kata Wenda.

    Wenda mengatakan, pihaknya menyambut antusias kesempatan yang diberikan KONI Jabar. Dengan bertanding di Porprov XIV Jabar, para atlet ice skating memiliki peluang yang lebih besar untuk berprestasi dan mengharumkan nama Jabar di ajang multieven tingkat nasional maupun internasional.

    “Kami berharap ice skating bisa cabor resmi Porprov XIV Jabar kedepan, sehingga atlet kami bisa terus berkiprah dan berprestasi. Meski masih eksebisi, kami secara khusus mengundang wasit dan juri internasional dari Korea Selatan dan Malaysia sehingga kualitas pertandingan terjaga dan menunjang peningkatan kemampuan atlet,” kata Wenda.

    BACA JUGA: Kota Bandung Masih Optimis Juara Umum Porprov XIV Jabar

    Ketua PP FISI, Susan Herawati mengatakan jika Jabar menjadi yang pertama menggelar pertandingan ice skating di ajang multieven olahraga tingkan regional. Hal ini bisa dicontoh oleh kepengurusan FISI provinsi lain di Indonesia untuk mendukung proses pembinaan cabang olahraga ice skating.

    “Kita sudah memiliki enam kepengurusan provinsi FISI di Indonesia, dan baru Jabar yang menggelar pertandingan di ajang porprov. Ini harus diikuti FISI provinsi lain karena di PON XXI kita sedang memperjuangan ice skating bisa dipertandingkan sebagai cabor resmi bukan lagi eksebisi,” kata Susan.

    fokusjabar,id Porprov XIV jabar ice skating
    Ketua PP Porprov XIV Jabar, M. Budiana. (FOTO: Ageng)

    Sementara Ketua PP Porprov XIV Jabar, M. Budiana mengapresiasi pelaksanaan pertandingan ice skating sebagai cabang olahraga eksebisi. Dengan dipertandingkan di Porprov XIV Jabar, diharapkan lebih meningkatkan gairah pembinaan cabang olahraga ice skating di Jabar.

    “Kita dari KONI Jabar akan terus mengupayakan ice skating bisa menjadi cabor resmi yang dipertandingan di Porprov Jabar. Dengan demikian pembinaan olahraga ini bisa terus berlanjut dan berjenjang karena di ajang SEA Games hingga Olimpiade pun sudah dipertandingkan,” kata Budiana.

    Pelaksanaan pertandingan eksebisi Porprov XIV Jabar cabang olahraga ice skating dibuka secara resmi oleh Sekda Provinsi Jabar, Setiawan Wangsaatmaja. Dalam sambutannya, Setiawan berharap para atlet bisa memperlihatkan penampilan terbaik di setiap laga yang dijalani.

    “Ice skating di Jabar, khususnya di Bandung, sudah memiliki sarana prasarana yang cukup baik. Karena jika kita bicara olahraga maka sarana dan prasarana yang memadai menjadi hal krusial yang dibutuhkan. Untuk itu manfaatkan dan tampilkan performa terbaik kalian meski masih eksebisi di Porprov XIV Jabar ini,” kata Setiawan.

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar ice skating
    Sekda Prov. Jabar, Setiawan Wangsaatmaja saat membuka eksebisi Porprov XIV Jabar cabang olahraga ice skating. (FOTO: Ageng)

    Laga eksebisi Porprov XIV Jabar, lanjut dia, menjadi hal penting agar atlet bisa bertanding dan memperlihatkan hasil latihan dalam sebuah kompetisi yang ketat. Ice skating yang sudah dipertandingkan di level SEA Games hingga Olimpiade, menjadi peluang bagi para atlet untuk mencetak prestasi setinggi-tingginya.

    “Atlet di cabor ice skating ini punya peluang cukup besar karena kemungkinan persaingannya tidak terlalu besar. Maka laga eksebisi Porprov XIV jabar ini menjadi peluang bagi semua atlet untuk menampilkan yang terbaik,” Setiawan menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img