spot_img
Sabtu 11 Mei 2024
spot_img
More

    Kota Bandung Juara Umum Cabor Taekwondo Poprov XIV Jabar

    SUBANG,FOKUSJabar.id: Kota Bandung keluar sebagai juara umum cabang olahraga Taekwondo pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat tahun 2022. Digelar di GOR Gotong Royong, Kabupaten Subang, 7-11 November 2022, Kota Bandung berhasil menggondol 6 medali emas, 5 perak, dan 3 perunggu.

    Dari enam medali emas yang diraih Kota Bandung, empat diantaranya diraih dari nomor kyorugi dan sisanya di nomor poomsae. Empat medali emas di nomor kyorugi disumbangkan Muhammad Rizaldi di kelas Under 74 Kg Putra, Muhammad Arfan Baihaqi di kelas Under 63 Kg Putra, Megawati Tamesti Maheswari di kelas Under 53 Kg Putri, dan Aqila Aulia Ramadhani di kelas Under 57 Kg Putri.

    Sementara dua medali emas dari nomor poomsae, disumbangkan Muhammad Alfi Kusuma di kelas Individual Putra Poomsae Recognized. Kemudian di nomor Beregu Putra Poomsae Recognized atas nama Muhammad Alfi Kusuma, Muhammad Ramadhan, dan Irsyad Abdul Aziz.

    Sementara medali perak yang diraih Kota Bandung disumbangkan Rachmania Putri dari nomor Poomsae Individu Putri Recognized, Avisha Nabila Shaman dari nomor Poomsae Individu putri freestyle, serta dari nomor beregu putri poomsae Recognized atas nama Rachmania Putri Gunawan, Avisha Nabilla, dan Jingga Joelanda. Dua medali perak lain disumbangkan Muhammad Ramadika dari nomor Kyorugi Putra Under 58 Kg dan Freyan Pandu Buana dari nomor Kyorugi Putra Under 68 kg putra.

    Tiga medali perunggu diraih dari nomor Poomsae Individual Freestyle atas nama Muhammad Hilal Luthfi. Kemudian Putri Salsabila dari nomor kyorugi putri over 73 Kg dan Alyssa Azka R dari nomor Kyorugi Putri under 62 kg.

    BACA JUGA: Pemda Ciamis Segera Bergerak Tangani Dampak Bencana

    fokusjabar.id taekwondo Porprov XIV Jabar
    Ketua TI Kota Bandung, Dedi Haryadi berfoto bersama peraih medali emas nomor kyorugi kelas Under 74 Kg Putra, Muhammad Rizaldi. (FOTO: Istimewa)

    Ketua Pengcab Taekwondo Indonesia (TI) Kota Bandung, Dedi Heryadi mengucap syukur atas hasil yang diraih para atlet di Porprov XIV Jabar. Keberhasilan mencapai target juara umum, atas izin Tuhan YME serta dukungan semua pihak.

    “Tekad yang kuat untuk merebut kembali juara umum Porprov menjadi penambah semangat bagi kami, atlet, pelatih dan jajaran tim. Saya sebagai Ketua TI Kota Bandung mengucapkan terimakasih atas perjuangan serta kerja keras atlet, pelatih dan jajaran tim, termasuk atas dukungan dari Pemkot, KONI Kota Bandung, dan keluarga besar Taekwondo Kota Bandung khususnya dan umumnya masyarakat Kota Bandung,” kata Dedi.

    Pencapaian juara umum, lanjut Dedi, bukan hal instan yang dilakukan Taekwondo Kota Bandung. Kompetisi ketat dan pembinaan atlet secara berjenjang yang dilakukan berbuah pada keberhasilan menjadi juara umum pada Porprov XIV Jabar.

    “Ini bukan hasil instan tapi melalui pembinaan berjenjang yang dilakukan. Juara Umum merupakan hasil yang sesuai target baik peraihan medali maupun gelar juara umumnya,” Dedi menegaskan.

    Sementara Ketua Umum Pengprov TI Jabar, Divie mengatakan jika jalannya pertandingan cabang olahraga Taekwondo di Porprov XIV Jabar berlangsung lancar dan sukses. Meski beberapa kali terjadi protes dan dinamika lain, namun tidak menggangu jalannya pertandingan.

    “Secara umum, pertandingan berjalan lancar dan sukses. Protes atau dinamika yang terjadi adalah hal yang biasa dan wajar dalam sebuah event, gak ada masalah. Apalagi ini pertandingan sekelas porprov,” kata Divie.

    Divie menambakan, kualitas dari pertandingan taekwondo di Porprov XIV Jabar pun cukup baik. Beberapa atlet potensial mulai telihat sebagai calon pelapis atlet senior di masa yang akan datang.

    “Atlet eks PON XX memang masih mendominasi dan masih memperlihatkan potensinya pada Porprov XIV Jabar. Tapi beberapa atlet potensial sudah terlihat dan kita menunggu laporan dari tim talent scouting yang sudah kita siapkan di Porprov XIV Jabar ini,” Divie menegaskan.

    BACA JUGA: Porprov XIV Jabar; Subang dan Kota Bogor Berbagi Medali Emas Nomor Ganda di Cabor Tenis Meja

    Selain taekwondo, cabang olahraga karate yang dilaksanakan di Kabupaten Subang pun sudah selesai digelar. Tuan rumah Kabupaten Subang keluar sebagai juara umum dengan raihan 5 medali emas dan 1 perak. Kota Bandung berada di posisi runner up dengan raihan 3 medali emas, 2 perak, dan 4 perunggu, diikuti Kabupaten Bogor yang mengoleksi 3 medali emas, 1 perak dan 2 perunggu di posisi ketiga.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img