spot_img
Minggu 12 Mei 2024
spot_img
More

    Obor Porprov XIV Jabar Disambut Meriah, Budiana: Semangat dan Daya Juang Atlet Harus Terus Berkobar

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat tiba di Kabupaten Ciamis sebagai lokasi pembukaan dan penutupan gelaran multieven olahraga empat tahunan terakbar di Tanah Pasundan. Obor Porprov XIV Jabar dibawa Kapten tim PSGC, Ganjar Kurniawan yang diiringi pemain PSGC serta para atlet Porprov XIV Jabar asal Kabupaten Ciamis, Jumat (11/11/2022) pagi WIB.

    Sepanjang perjalanan menuju Pendopo Bupati Ciamis, rombongan atlet pembawa obor disambut meriah warga Tatar Galuh. Di sepanjang jalan, warga tumpah ruah dan mengabadikan kedatangan obor yang menandakan semangat dan daya juang atlet di ajang Porprov XIV Jabar.

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar
    Warga Ciamis antusias memenuhi Jalan Jend. Sudirman, menunggu kedatangan pawai obor Porprov XIV Jabar. (FOTO: Ageng)

    Tiba di Pendopo Bupati Ciamis, Kapten Tim PSGC, Ganjar Kurniawan menyerahkan obor kepada Ketua PP Porprov XIV Jabar, M. Budiana. Usai itu, Budiana menyerahkan obor kepada Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya yang kemudian digunakan untuk menyalakan kwaldron yang terus menyala hingga penutupan Porprov XIV Jabar pada 19 November 2022.

    Kedatangan obor menandakan jika gelaran pesta olahraga terakbar di Jabar itu secara resmi akan segera dibuka. Pembukaaan Porprov XIV Jabar sendiri digelar di Stadion Galuh, Ciamis, Sabtu (12/11/2022).

    Ketua PP Porprov XIV Jabar, M. Budiana mengatakan, api obor Porprov XIV Jabar dibawa dari puncak Bongkok, Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis. Pengambilan api obor sendiri dilakukan para pendaki dari Komunitas Pendaki Gunung Ciamis.

    “Sebelum diarak menuju Pendopo Bupati, api obor diinapkan terlebih dahulu di kantor Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis,” kata Budiana saat ditemui usai penyerahan api obor Porprov XIV Jabar di Pendopo Bupati Ciamis, Jalan Jend. Sudirman, Jabar, Jumat (11/11/2022).

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar
    Kapten tim PSGC, Ganjar Kurniawan menjadi pembawa api obor Porprov XIV Jabar. (FOTO: Ageng)

    Budiana mengapresiasi sambutan warga yang sangat antusias dengan kedatangan obor Porprov XIV Jabar. Bahkan sejak pagi sebelum arak-arakan pembawa obor tiba, warga sudah memenuhi jalan menuju Pendopo Bupati Ciamis.

    “Sangat luar biasa antusiasme warga menyambut obor Porprov XIV Jabar. Pihak panitia daerah Porprov XIV Jabar di Kabupaten Ciamis pun cukup baik dalam menyiapkan acara,” kata Ketua Harian KONI Jabar ini.

    Terlepas dari acara yang berlangsung cukup meriah, Budiana berharap makna yang tersirat dari api obor Porprov XIV Jabar ini bisa dirasakan masyarakat. Tidak hanya di Kabupaten Ciamis, tapi juga di kota dan kabupaten lain di Jabar terutama yang menjadi lokasi pertandingan cabang olahraga Porprov XIV Jabar.

    “Api obor Porprov XIV Jabar ini menggambarkan semangat dan daya juang atlet yang terus berkobar untuk menjadi yang terbaik di cabang olahraga masing-masing. Tidak hanya untuk kota dan kabupaten daerahnya masing-masing, tapi juga untuk Jabar dan Indonesia sesuai dengan tagline yang kita gelorakan yakni Jabar Juara untuk Indonesia,” kata Budiana yang merupakan salah satu kandidat Ketua Umum KONI Jabar 2022-2026 ini.

    BACA JUGA: Porprov Jabar, Bupati Ciamis Targetkan 10 Besar

    Api obor tersebut, lanjut dia, akan terus menyala selama gelaran pertandingan cabang olahraga di Porprov XIV Jabar berlangsung. Yakni di 10 kota dan kabupaten dengan 1044 nomor pertandingan di 78 cabang olahraga.

    “Satu hal yang paling penting, semangat dan daya juang itu harus terus berkobar di sanubari setiap atlet dan juga masyarakat untuk memberikan yang terbaik bagi daerahnya di berbagai bidang, tidak hanya olahraga, sebagai upaya mewujudkan Jabar Juara untuk Indonesia. Api obor ini akan padam saat penutupan Porprov XIV Jabar pada 19 November nanti, tapi api semangat memberikan yang terbaik bagi Jabar jangan pernah padam,” Budiana menegaskan.

    fokusjabar.id Porprov XIV Jabar
    Penyalaan kwaldron oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya. (FOTO: Ageng)

    Meski pembukaan Porprov XIV Jabar baru secara resmi dibuka pada Sabtu (12/11/2022) besok, namun sejumlah cabang olahraga sudah menggelar pertandingan dan memperebutkan medali emas. Hingga Jumat (11/11/2022) pukul 17.00 WIB, total 871 medali di beberapa cabang olahraga sudah tersebar 27 kota dan kabupaten peserta Porprov XIV Jabar dengan rincian 262 medali emas, 256 perak, dan 353 perunggu.

    Di posisi lima besar klasemen sementara, Kabupaten Bekasi masih bercokol di posisi pertama dengan raihan 43 medali emas, 36 perak dan 31 perunggu. Diikuti Kabupaten Bogor di posisi kedua dengan raihan 38 medali emas, 27 perak, dan 32 perunggu.

    Kota Bandung menempati posisi ketiga dengan raihan 32 medali emas, 22 perak, dan 37 perunggu. Lalu Kota Bogor di peringkat empat dengan raihan 30 medali emas, 20 perak, dan 20 perunggu, serta Kabupaten Bandung dengan raihan 20 medali emas, 17 perak, dan 22 perunggu di posisi kelima.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img