spot_img
Selasa 29 November 2022
spot_img
More

    Tutorial Menggunakan Dual Monitor Pada Komputer

    FOKUSJabar.id: Dual Monitor, umumnya sebuah komputer selalu dengan satu monitor, namun karena dengan adanya kebutuhan yang mengharuskan penggunanya untuk mengerjakan berbagai pekerjaan. Pengguna komputer berinovasi menggunakan dual monitor.

    Keputusan untuk membeli monitor tambahan biasanya sebagai alternatif lain daripada membeli monitor baru dengan ukuran yang lebih lebar namun lebih mahal. Apalagi jika pengguna sudah memiliki monitor utama spek gaming dan membutuhkan monitor biasa untuk menunjang pekerjaan dan produktivitas pengguna.

    Menggunakan dual monitor di komputer ini mendukung multitasking, membuat segala hal lebih fleksibel dengan memakai satu monitor. Nantinya kedua monitor ini bisa untuk menampilkan jendela aplikasi yang berbeda dengan komputer, keyboard, dan mouse yang sama.

    Baca Juga: Rekomendasi 5 Pen Tablet termurah, Untuk Pemula Belajar Desain

    Sistem operasi Windows telah lama mendukung penggunaan dua monitor secara bersamaan pada satu komputer. Namun, perlu beberapa syarat untuk menggunakannya seperti komputer harus memiliki kartu grafis yang mendukung. Memiliki sumber listrik untuk di monitor kedua, dan memiliki kabel port ke komputer.

    Tutorial menggunakan dual monitor pada komputer

    1. Langkah pertama, sambungkan kedua monitor ke sumber listrik dan port komputer yang tersedia seperti VGA, DVI, HDMI.
    1. Selanjutnya, ada cara yang berbeda tergantung dari windows yang kamu gunakan seperti berikut :
    • Windows 7 atau 8, klik kanan pada desktop lalu pilih resolusi layar / screen resolution. Kemudian pilih “extend” pada drop down yang ada pada bagian “Multiple”.
    • Windows 10, klik kanan pada desktop lalu pilih tampilan. Klik pada “identify” atau “detect”, lalu pilih “extended” pada bagian “Multiple”.
    1. Langkah ketiga, pilihlah urutan monitor. Pengguna dapat memberitahu Windows monitor mana yang ada di sebelah kiri atau kanan pengguna dengan menyeret ikon layar di bagian atas kotak dialog. 
    1. Langkah terakhir, Pilih opsi “jadikan monitor utama”, pilihlah monitor mana yang akan menjadi monitor utama. 
    1. Fungsi Extend ini adalah menyatukan tampilan dua monitor seperti menjadi satu monitor di komputer. kamu bisa menggerakan mouse dengan bebas termasuk menggeser tampilan atau jendela setiap aplikasi. Jika kamu ingin memakai satu monitor kamu hanya tinggal pilih “show only on 1”.
    2. Monitor siap kita gunakan untuk berbagai macam aktivitas pekerjaan.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img