spot_img
Kamis 20 Juni 2024
spot_img
More

    5 Tips Merawat Celana Jeans Dengan Mudah dan Benar

    FOKUSJabar.id: Celana jeans merupakan salah satu outfit yang sudah lama menjadi bagian fashion dan tidak termakan zaman dari dulu hingga saat ini. Celana jeans ini dulunya dipakai para penambang yang hingga kini menjadi item fashion favorit banyak orang.

    Celana jeans biasanya mempunyai harga yang tidak murah maka dari itu perlu perawatan khusus untuk merawatnya. Sebagian celana jeans jika terkena kotoran dan noda  celana tersebut justru terlihat bagus. Tapi jika kamu merasa tidak nyaman memakai Jeans yang kotor kamu bisa mencucinya dengan cara yang benar.

    Cara mencuci jeans ini sebenarnya bebas, ingin menggunakan mesin atau tangan pun bisa. Namun untuk menghindari jeans luntur dan belel menganjurkan untuk mencucui menggunakan tangan. 

    Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Sidang Skripsi

    5 Tips Merawat Celana Jeans 

    1. Jangan terlalu sering mencuci celana jeans

    Berbeda dengan beberapa pakaian yang sekali pakai langsung cuci, bahan yang berbahan dasar jeans ini jika kita sering mencucinya akan luntur dan belel. Kamu bisa gunakan celana ini 5 sampai 10 kali pemakaian baru bisa kamu cuci.

    Jika kita menggunakan celana cukup bersih dan tidak ada kotoran yang terlihat kamu bisa pakai 1 sampai 2 bulan tanpa mencucinya.

    2. Selektif memilih sabun deterjen

    Selektiflah memilih sabun deterjen karena deterjen yang memiliki kandungan pemutih akan membuat warna jeans kamu luntur bahkan pudar dan beberapa deterjen dapat  meninggalkan noda putih dan kuning yang membuat jeans terlihat jelek.

    Untuk mengakalinya gunakan cuka dan air dingin untuk merendam dan mencuci jeans. Memang saat mencuci jeans akan berbau cuka namun bisa menghilangkan hal tersebut dengan pelembut dan pewangi.

    3. Menjemur jeans di dalam ruangan

    Biasanya pakaian biasa akan kita jemur di luar ruangan supaya terkena matahari. Namun berbeda dengan celana jeans, jika terkena sinar matahari warna akan pudar dan bahannya akan lebih mudah belel.

    Saat menjemur harus perhatikan jika sudah beberapa jam pertama jemur di bagian luar celana tersebut juga harus dibalik agar mengering dengan rata.

    4. Setrika jeans di bagian dalam

    Setrikalah celana jeans jika memerlukan saja. Jika celana jeans sudah kering kamu bisa langsung pakai namun jika ada bagian celana yang kusut bisa mengakalinya dengan setrika bagian dalam jeansnya dengan begitu bekas setrikaan tidak terlihat di bagian luar.

    Baca Juga: Polisi Amankan Mandor Proyek Perbaikan Balai Kota Bandung Yang Menyebabkan Kebakaran

    6. Gunakan Silica gel

    Berguna untuk menyerap kelembaban dari jeans dan bau-bau yang tidak sedap. Caranya kamu hanya perlu memasukan jeans ke dalam ziplock lalu taruh silica gel di antara jeans.

    Jika kamu tidak punya Silica gel kamu juga bisa mengangin-anginkan jeans kamu dan juga gunakan semprotan penghilang bau.

    (Edi/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img