spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Instalasi Perluasan Pipa Air Bersih Kota Banjar Usai Bulan ini

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Perluasan jaringan pipa air bersih di wilayah Kecamatan Langensari Kota Banjar, Jawa Barat ditargetkan rampung awal November tahun ini.

    Kepala Dinas PUPR Kota Banjar Tomy Subagja mengakatan bahwa prosesnya tinggal pemasangan perakitan sambungan ke rumah untuk instalasi jaringan air bersih. 

    “Target pengerjaan sampai 12 November. Saat ini, proses pemasangan jaringan pipa utamanya sudah selesai dan tinggal jaringan sambungan rumahnya,” kata dia, Kamis (11/3/2022).

    BACA JUGA: Tirta Anom Kota Banjar Rugi Ratusan Juta Karena Lumpur Sungai Citanduy

    Jika semua proses pekerjaan sudah selesai maka ada jarak sekitar 6 bulan pemeliharaan sebelum statusnya  dihibahkan ke Perumdam Tirta Anom Kota Banjar.

    “Hibah barang jasa dilakukan setelah enam bulan masa pemeliharaan. Sementara untuk aliran atau pelayanan air bersih ke rumah pelanggan bisa dilaksanakan tergantung kesiapan aliran air bersih dari Perumdam Tirta Anomnya,” kata Irman.

    Terkait kendala galian di Wilayah Langensari, Irman menjabarkan sudah diselesaikan selama pekerjaan galian pipa utama dengan pemadatan tanah bagian  bahu jalan oleh warga termasuk dibangunnya cor beton untuk jalur masuk ke halaman rumah warga.

    “Kami mencari solusi penggalian dengan teknis yang tidak mengganggu pemadatan. Beberapa kegiatan ada yang melakukan boring, hal itu untuk memperkecil dampak negatif dari pembangunan atau pemasangan pipa,” kata dia.

    Secara keseluruhan jaringan dikatakan Irman sudah selesai dan pelaksanaan interkoneksi. 

    “Namun nanti akan ada dampak interkoneksi berupa pemberhentian pelayanan dan Itu dilaksanakan oleh Tirta Anom,” kata dia.

    Perluasan ini menambah total sambungan rumah air bersih di wilayah Bojongkantong sebanyak 264 SR, dan di Langensari 231 SR.

    Perumdam Tirta Anom Kota Banjar menargetkan penambahan sambungan rumah (SR) air bersih di Kecamatan Langensari tahun depan sebanyak 500 SR.

    Ada dua wilayah yang ditargetkan ada penambahan pelanggan baru yaitu Desa Langensari dan Kelurahan Bojongkantong.

    “Saat ini masih proses pemasangan pipa di dua wilayah tersebut oleh Dinas Ciptakarya Provinsi karena penambahan sambungan pelanggan itu bantuan hibah dari provinsi,” kata Direktur Perumdam Tirta Anom Kota Banjar E Fitrah Nurkamilah melalui Kepala Bagian Umum dan Keuangan, Tato Hendarto ST.

    Setelah pemasangan pipa dan penyambungan SR ke rumah pelanggan selesai, Tato menambahkan, nantinya baru dihibahkan dan dikelola Perumdam Tirta Anom.

    Pada tahap awal sudah dilaksanakan dengan mensosialisasikan penambahan pelanggan kepada masyarakat dan setelah dipastikan data pelanggan jelas, pihak Cipta Karya Provinsi kemudian memulai pembangunan pemasangan pipa dan instalasi lainnya.

    BACA JUGA: ART Ferdy Sambo Bersihkan Darah Brigadir J Pakai Serokan

    “Tahap awal galian pipa untuk perluasan, saat ini masih dikerjakan oleh Cipta Karya. Pemasangannya hingga interkoneksi ke jaringan eksisting. Sudah ada 500 sambungan rumah yang siap menjadi pelanggan baru dalam program perluasan SR. Direncanakan tahun depan pelanggan baru ini sudah berjalan dan menerima air bersih,” kata dia.

    Kepala Unit Pelayanan Langensari Arief Rachman ST menambahkan, untuk saat ini jumlah pelanggan air bersih perusahaan plat merah di Kecamatan Langensari ini sebanyak kurang lebih seribu pelanggan. 

    “Apabila proses perluasan SR sudah selesai dipastikan tahun depan akan bertambah menjadi 1.500 pelanggan,” kata dia.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img