spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Diesel

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Harus diakui penggunaan mesin diesel sebenarnya lebih banyak digunakan pada kendaraan komersial seperti bus dan truk.

    Untuk menunjang pengoperasian kendaraan, sebaiknya pengguna memilih kendaraan dengan jenis bahan bakar yang sesuai.

    BACA JUGA: ECGO-2 Motor Listrik Yang Pas Untuk Berpindah Haluan Dari Motor Bensin

    Saat ini, banyak pengendara yang ingin membeli mobil dengan mesin diesel karena memiliki efisiensi bahan bakar yang baik dan desain yang gagah.

    Namun ada yang harus dipertimbangkan oleh pengendara, selain memiliki kelebihan pasti ada kekurangannya.

    Melansir dari berbagai sumber, berikut kelebihan dan kekurangan mobil diesel.

    Kekurangan mobil diesel:

    1. Suara Mesin Lebih Bising

    Cara mudah membedakan mobil mesin diesel yaitu suara mesin lebih bising. Hal itu karena adanya proses pembakaran antara bahan bakar diesel dengan udara yang terkompresi dengan suhu dan tekanan yang tinggi.

    Namun hal ini bagi beberapa orang menjadi hal yang diminati karena bagi sebagian orang, suara tersebut terkesan garang.

    2. Harga Lebih Mahal

    Seperti yang kita tahu, mobil-mobil berbahan bakar solar selalu dibandrol dengan harga yang sedikit lebih mahal. Sebab mesin yang digunakan untuk mobil diesel lebih tangguh daripada mobil dengan bahan bakar bensin.

    3. Biaya service Lebih Mahal

    Dalam hal perawatan, mesin diesel membutuhkan perhatian lebih karena teknologinya sudah lebih kompleks sehingga tidak bisa sembarangan dalam perawatan komponennya.

    BACA JUGA:

    Tips Memilih Kaca Film Mobil dan Pemasangannya

    Selain itu, jika pemilik mobil perlu mengganti spare part pada mobil terkadang harganya juga cukup mahal karena memiliki bahan dan kualitas yang jauh lebih baik.

    diesel fokusjabar.id
    Ilustrasi (foto web)

    Kelebihan Mobil Diesel:

    1. Mesin Lebih Tangguh

    Mesin diesel dirancang menghasilkan tori tinggi pada putaran mesin (rpm) rendah, sehingga mampu digunakan untuk mengangkut  beban berat ataupun berjalan di berbagai medan seperti jalanan banjir, jalanan offroad, sampai jalan menanjak. 

    2. Irit Bahan Bakar

    Karena memiliki torsi dan kompresi mesin yang tinggi maka dapat membuat mobil diesel ini lebih irit bahan bakar dibanding mobil bensin.

    Dengan torsi yang besar pengendara tak perlu menginjak gas terlalu dalam sehingga dapat menghemat bahan bakar yang dipakai.

    3. Spare Part yang Kuat

    Spare part yang digunakan mobil diesel cenderung lebih awet karena menggunakan kompresi yang tinggi. Maka spare part yang digunakan biasanya menggunakan bahan yang berkualitas.

    (Edi/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img