spot_img
Jumat 24 Mei 2024
spot_img
More

    Bram Nolen Rilis Lagu “Unfold”, Suguhkan Atmosfer Melankolia Fenomena ‘Cancel Culture’

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Musisi pendatang baru asal Bandung, Bram Nolen merilis lagu berjudul “UNFOLD”.

    Perilisan single perdana dari pria bernama lengkap Abraham Ermuda Simamora ini merupakan langkah awal jurnal musikalnya di industri musik lokal sebagai seorang solois.

    Secara musikal “UNFOLD” menawarkan keluwesan bunyi pop manis nan nyaman ditelinga. Bebunyian tersebut lantas dipadupadan dengan kadar soul yang kuat, sekuel keromantisan blues dan body move yang mentereng.

    “Musiknya diarahkan ke bebunyian Soul, RnB hingga vintage namun tetap dengan pendekatan danceable yang kental. Dan di sisi lainnya, “UNFOLD” juga ditaburi dengan nada-nada mayor7 yang romantic, sisipan nuansa gospel di layer vokal termasuk sentuhan bluesy di beberapa bagian lagu. Suguhan-suguhan romantic itu bermuara pada kepercayaan saya tentang kekuatan cinta, bahwasanya cinta mampu menghilangkan naluri saling menjatuhkan,” kata Bram Nolen.

    Sementara dalam konteks cerita, “UNFOLD” berangkat dari budaya penolakan atau cancel culture yang belakangan seolah menjadi fenomena baru di kalangan masyarakat modern. Kisah yang dirajut ini berangkat dari pengalaman dirinya yang secara langsung melihat fenomena di maksud yang lantas ditulisnya dengan gaya sarkastik.

    “Lagu ini berangkat dari keresahan fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar terhadap mudahnya merubah pandangan terhadap seseorang hanya karena satu kesalahan tanpa memberi kesempatan untuk memperbaiki diri mereka sendiri. Bisa dibilang latar utama penulisannya akhirnya ada pada krisis intropeksi diri,” kata dia.

    BACA JUGA: BHMNS Rilis Single “Rat Race”, Angkat Istiadat Saling Sikut Antar Manusia!

    Dia mengatakan, “UNFOLD” memiliki arti “Membuka” dan menceritakan bagaimana keadaan seseorang yang terasingkan dan memiliki problema sulit mendapatkan kepercayaan kembali dari lingkungan terdekatnya dikarenakan satu kesalahan yang lantas melunturkan segala hal kebaikan dan rasa kepercayaan terhadap dirinya. Padahal, orang tersebut terus berupaya memperbaiki dirinya ke arah yang lebih baik.

    “Sejatinya orang-orang bisa menilai dan memiliki sudut pandang yang lebih jauh terhadap dirinya sendiri dan penilaian terhadap orang lain bukan malah terjebak dan hanya fokus pada satu titik masalah tertentu,” katanya.

    Pada prosesnya “UNFOLD” melibatkan banyak kolaborator, diantaranya Chara Terrace—lokasi paling berjasa bagi Bram Nolen karena menjadi ruang inspirasi utama proses kreatif lagu (bertindak juga sebagai Executive Produser), Moch. Mahardika yang terlibat langsung dalam proses penulisan lagu bersama Bram Nolen. Lalu ada nama Avi Muhamad sebagai produser dan pengisi tuts keyboard. Baskara Aji membantu dibalik departemen drum, Gilbert Siahaan (bas), Fariz Gafar (gitar akustik) dan Rizky Akbar (Tamborin). Sedang Bram Nolen, selain bernyanyi juga bertugas mengisi langsung isian gitar elektrik.

    “UNFOLD” dikerjakan di dua studio berbeda pada pertengahan tahun 2022. Vokal, gitar elektrik, keyboard dan tambourine direkam di Housie Production Studio sedangkan drum, gitar akustik dan bas direkam di Escape Studios. Sementara untuk polesan akhir audio; mixing dan mastering, Bram Nolen menunjuk engineer muda bernama Envici.

    “UNFOLD” sudah tersedia dalam format video lirik yang bisa disaksikan di kanal YouTube resmi Bram Nolen dan bisa juga didengarkan di berbagai layanan musik streaming seperti spotify, iTunes, Apple Musc, Deezer dan lain sebagainya terhitung Selasa, 11 Oktober 2022.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img