spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    5 Bagian Knalpot Mobil yang Wajib Diketahui

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Knalpot atau yang biasa di sebut exhaust system merupakan salah satu komponen yang penting bagi mobil.

    Para pengguna mobil tentu familiar dengan komponen yang satu ini.

    Bentuk knalpot sendiri didesain seperti pipa untuk mengeluarkan asap atau sisa pembuangan gas.

    BACA JUGA: Tips Memilih Kaca Film Mobil dan Pemasangannya

    Fungsi knalpot tidak hanya bertugas membuang gas buang tetapi juga meningkatkan tenaga mesin dengan cara meredam suara ledakan yang dihasilkan akibat hasil dari pembakaran.

    Sebagai part yang penting dan memiliki fungsi vital dalam mendukung performa dan efisien mobil, si pemilik perlu mengenalnya dengan seksama.

    Berikut beberapa bagian knalpot mobil yang perlu diketahui: 

    1. Exhaust Manifold

    Fungsi dari exhaust manifold untuk menampung semua gas pembuangan dari semua silinder menjadi satu.

    Pipa silinder sendiri memiliki desain yang unik seperti benang kusut, bukan tanpa sebab hal tersebut untuk membuat panjang pipa satu sama lain sama atau equal length.

    2. Downpipe

    Ledakan yang terjadi di dalam masing-masing silinder tidaklah bersamaan karena jika pipa memiliki panjang yang berbeda, denyut gas buang yang dihasilkan akan berdahuluan masuk ke dalam downpipe. 

    Namun jika panjang pipa tersebut sama akan denyut dari gas tersebut bisa bergantian masuk ke dalam downpipe.

    Downpipe ini berfungsi sebagai pipa penerus dari exhaust manifold untuk masuk ke catalytic converter.

    3. Catalytic Converter 

    Perangkat ini berguna untuk mengkonversi zat yang ada pada gas menjadi zat-zat yang lebih tidak berbahaya bagi lingkungan sekitar.

    BACA JUGA:

    3 Perbedaan Service Berkala dan Tune Up

    Catalytic converter ini bisa bekerja jika mendapat panas dari panas mesin agar panas yang dihasilkan tahan lama di dalam perangkat tersebut juga terdapat ceramic.

    knalpot fokusjabar.id
    Ilustrasi (foto web)

    4. Muffler

    Muffler dirancang khusus untuk meredam suara ketika gas buang dikeluarkan. Jika pengendara tidak memakai muffler ini pastinya suara knalpot dari knalpot mobil akan nyaring dan berisik sehingga bisa mengganggu orang sekitar.

    5. Resonator

    Perangkat ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan muffler yaitu sebagai peredam suara namun banyak mobil yang tidak memakai resonator karena suara yang dihasilkan sudah bisa di minimalisir muffler.

    Selain meredam suara resonator juga memiliki fungsi untuk menciptakan back pressure pada gas buang dan dapat melancarkan proses pembuangan gas buang.

    (Edi/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img