spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Kadisdik Jabar Didapuk Jadi Dewan Pengurus ICMI Jabar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat didapuk menjadi Dewan Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Jabar. Itu bersamaan dengan dikukuhkannya Dewan Penasihat Majelis Pengurus Wilayah (MPW) ICMI Orwil Jabar Periode 2022-2027, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (27/10/2022). 

    Atas amanah tersebut, Dedi Supandi memastikan siap berkontribusi untuk kemajuan kepengurusan ICMI Jabar yang baru. 

    Dedi Supandi mengatakan, sejak pertama di bentuk, ICMI merupakan organisasi yang menjunjung tinggi kolaborasi. Di mana pada 1990 lalu, kepengurusan ICMI dipimpin oleh B.J Habibie sebagai Ketua Umum Pertama, yang kala itu menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek).

    BACA JUGA: Hadapi Resesi Ekonomi, Disperindag Jabar Siap Lakukan Rencana Aksi

    “Ini menandakan bahwa ICMI adalah organisasi yang sudah menjunjung tinggi kolaborasi sejak dulu. Sinergitas itu sudah terbangun sejak dulu, antara cendekiawan dan birokrat” ujar Dedi Supandi, Selasa (18/10/2022).

    Dedi Supandi yang menjabat Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat ini menilai ICMI Jabar merupakan wadah cendikiawan dengan kumpulan orang-orang hebat yang. Di mana memiliki kemampuan untuk memecahkan permasalahan. 

    “Maka dari itu nasihat dari ICMI Jabar sangat dinantikan untuk kemajuan bersama, khususnya di Provinsi Jabar ini,” ujar Dedi Supandi. 

    Dedi Supandi juga mengaku siap menyumbangkan pemikirannya guna mendukung eksistensi ICMI agar senantiasa terjaga, baik itu secara keilmuan, keislaman, kecendikiaan serta keIndonesiaannya.

    “Dengan saya menjadi Dewan Penasihat Insya Allah dapat bersumbangsih kepada ICMI melalui masukan-masukan maupun hal lainnya,” katanya. 

    Dia menambahkan, peran MPW ICMI Orwil Jabar sangat dibutuhkan dalam mengakselerasi percepatan pembangunan daerah dan menyempurnakan kerja pemerintah. Maka dari itu, dengan kolaborasi yang dilakukan, khususnya dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar diharapkan dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik. 

    “Peran ICMI ini sangat dibutuhkan. Mengingat saat ini ada berbagai cobaan yang sedang dihadapi, baik itu secara sosial, budaya, maupun ekonomi. Terlebih ada tiga hal disrupsi yang harus disikapi, mulai dari disrupsi digital, Covid-19 dan pemanasan global,” katanya. 

    Dedi Supandi mengaku tidak asing dengan ICMI. Mengingat pada tahun 2007 lalu dia pernah menjabat pengurus Organisasi Satuan (Orsat) ICMI kecamatan Margacinta, Kota Bandung.

    BACA JUGA: RS Jasa Kartini Kota Tasikmalaya Raih Penghargaan Pelayanan JKN Terbaik

    “Saat itu saya masih menjabat Sekretaris Camat (Sekcam),” kata dia.

    Sebelumnya, Ketua Umum ICMI Arif Satria berharap kepengurusan MPW ICMI Orwil Jabar dapat menjadi tonggak perubahan, mengikuti zaman. Hingga akhirnya mampu mengantarkan ICMI menjadi trendsetter perubahan, di tengah masyarakat pada masa sekarang secara sistematis dan berkelanjutan.

    “Jadi saya harap ICMI MPW Orwil Jabar ini banyak memberikan aksi nyata di masyarakat,” katanya.

    Berita Terbaru

    spot_img