spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Tidak Punya Ijazah, Disdik Ciamis Realisasikan Program Placement Test

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis tengah mendorong kesetaraan kualifikasi edukasi melalui program Placement Test.

    Hal itu dilakukan sebagai upaya memfasilitasi masyarakat yang belum berkesempatan memiliki ijazah pendidikan setara SD, SMP dan SMA.

    Kepala Disdik Ciamis Asep Saeful Rahmat menjelaskan, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang  belum memiliki ijazah sekolah namun memiliki kualifikasi keilmuan setara dengan siswa sesuai dengan jenjang keilmuan di tingkatannya.

    BACA JUGA: 380 Pegawai Pemkab Garut Lakukan Skrining Narkotika

    Pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Kementrian Pendidikan mengenai program Placement Test. 

    “Kita sangat yakin perjalanan hidup tentu memberikan kualifikasi keilmuan-keilmuan tertentu yang diaplikasikan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Banyak dari mereka yang belum berkesempatan menerima pendidikan formal di Sekolah dan tidak memiliki ijazah,” kata Asep, Senin (10/10/2022).

    Asep menerangkan, Placement Test ini akan mengidentifikasi kualifikasi keilmuan melalui seleksi pada tingkatan tertentu mulai dari SD, SMP hingga SMA. Sehingga keilmuan masyarakat yang tidak berkesempatan duduk di bangku sekolah akan diakui secara formal oleh negara sesuai tingkatan keilmuannya.

    BACA JUGA: Soal Pertanian Organik, Dinas Pertanian Ciamis Gandeng Ulama

    “Program yang kami ajukan ini merupakan bentuk percepatan pendidikan. Juga sebagai upaya untuk meningkatkan rata-rata lama Sekolah di Ciamis,” kata dia.

    Diluar upaya memantapkan program edukasi formal di Sekolah, Disdik Ciamis tengah mengoptimalkan program pendidikan non formal dengan mengoptimalkan keberadaan sekolah paket C dan pengakomodiran sekolah alam maupun non formal yang ada di Ciamis.

    (Riza M Irfansyah/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img