spot_img
Minggu 25 Februari 2024
spot_img
More

    Tidak Perlu Ke Tukang Service, Lakukan Ini Jika Hp Bootloop

    FOKUSJabar.id: Lakukan Ini Jika Hp Bootloop. Produk buatan manusia tidak ada yang sempurna, seperti smartphone yang kadang sering mengalami masalah bootloop atau mentok di logo produk Hp.

    Umumnya bootloop terjadi karena Hp sudah di setting ke setelan pabrik lalu saat proses instalasi atau start up kembali ada beberapa file yang tidak terpasang dan terpasangnya aplikasi baru yang membuat file lain yang penting di handphone tidak terinstal.

    Hp juga harus dirawat secara baik layaknya kita merawat diri kita agar tidak terjadi bootloop seperti tidak menggunakan hp sambil di charging, matikan hp jika tidak dibutuhkan dan lain-lain.

    BACA JUGA: 25 Daftar Link Twibbon HUT Kemerdekaan RI ke-77, Begini Cara Pakainya

    Umumnya kondisi hp mengalami bootloop ini biasa terjadi tetapi jika kondisi seperti itu terus menerus terjadi bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada smartphone kesayangan kita.

    Biasanya jika hp kita mengalami bootloop, kita akan langsung panik dan membawanya ke tempat Service hp tetapi dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi handphone bootloop tanpa harus merogoh kocek ke tempat service handphone.

    Berikut ini cara yang bisa dipraktekkan jika hp kita mengalami bootloop tanpa harus membawanya ke tukang service hp.

    Mengatasi HP Bootloop

    1. Penyebab Hp menjadi bootloop.

    – Selalu rajin melakukan cek penyimpanan internal hp karena jika penyimpanan internal penuh kemungkinan besar hp bisa mengalami bootloop. 

    Untuk melakukan cek penyimpanan kita bisa lakukan langkah berikut, pergi ke pengaturan pilih aplikasi lalu disitu akan terlihat seberapa besar kapasitas yang tersedia di penyimpanan internal kita, jika dirasa sudah hampir mendekati kapasitas kita bisa melakukan pembersihan.

    Selain itu bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga yang sudah banyak tersedia di play store atau app store yang lebih simpel dan otomatis melakukan pembersihan memori internal hp.

    – Setiap hp keluaran pabrik dengan merk tertentu pastinya akan melakukan pembaruan pada sistem hp nya, nah penting bagi kita jika saat melakukan pembaruan sistem agar kondisi hp tetap menyala dan daya baterai terisi penuh.

    Pasalnya, jika kita sedang melakukan pembaruan sistem lalu hp kita mati atau kehabisan baterai bisa mengakibatkan hp menjadi bootloop karena pembaruan sistem gagal diterapkan.

    – Merawat dan menjaga hp secara berkala juga bisa menghindarkan hp kita terkena bootloop. 

    Contohnya jika saat hujan lalu bagian sensitif hp kita terkena air dan saluran listrik hp terkena air itu bisa mengakibatkan bootloop. Hindari hal itu, dan bersihkan hp kita minimal 1 Minggu sekali menggunakan pembersih khusus.

    BACA JUGA: Wajib Dicoba! 3 Fitur Terbaru Pesan Suara WhatsApp

    – Jangan izinkan penginstalan aplikasi pihak ketiga yang bukan berasal dari aplikasi bawaan seperti play store dan app store. Kalau kita mengintsla aplikasi dari play store secara otomatis akan ada protection setelah menginstal aplikasinya.

    Namun yang berbahaya yaitu jika kita memasang aplikasi dari Google yang tidak terjamin keamanan nya. Jika kita salah memasang aplikasi dan dalam aplikasi itu terdapat banyak virus sehingga tidak berfungsi itu bisa mengakibatkan hp melakukan booting secara otomatis dan berkala.

    1. Cara mengatasi hp bootloop secara mandiri.

    – Jika hp kita sudah terlanjur bootloop, kita bisa melakukan isi daya baterai pada perangkat kita karena bisa jadi hp kita kekurangan sumber daya baterai.

    – Lakukan restart hp, biasanya jika kita mengalami kebuntuan seperti contohnya layar tidak bisa disentuh dan hp mengalami lag me restart hp adalah solusi terbaiknya. Metode itu juga bisa diterapkan jika hp kita mengalami masalah ini.

    – Lakukan factory reset pada handphone juga bisa menjadi solusi, biasanya factory reset bisa dilakukan dengan cara menekan tombol volume atas atau bawah dibarengi dengan tombol power.

    Jika sudah masuk ke dalam halaman factory reset kita bisa lakukan restart hp ke setelan pabrik dengan begitu hp kita akan kembali bersih baik dari virus maupun dari penyimpanan.

    – Melepaskan kartu SIM dan kartu SD card pada hp juga bisa menjadi solusi jika hp kita mengalami bootloop karena kerusakan pada file bisa menyebabkan hand phone melakukan rebot secara berkala. 

    Jika masalah bootloop teratasi setelah melepas kartu SIM dan SD card maka segera ganti kartu nya karena kartu tersebut sudah rusak.

    Nah itulah beberapa penyebab Smartphone bootloop dan cara mengatasinya tanpa harus pergi ke service hp.

    (Fauza)

    Berita Terbaru

    spot_img