spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Hendro Sumbang Emas Pertama di Kejurnas Atletik 2022, Jabar di Posisi 11

    SEMARANG,FOKUSJabar.id: Hingga hari kedua pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik 2022, Minggu (7/8/2022), Jawa Barat masih tertahan di peringkat 11 dari total 34 provinsi yang ikut serta. Jabar baru mengoleksi satu medali emas dan satu perak.

    Posisi puncak masih kokoh dipegang tuan rumah Jateng dengan raihan 10 medali emas, 8 perak dan 10 perunggu. Disusul Jatim di posisi runner up dengan raihan 6 medali emas, 7 perak, dan 3 perunggu.

    Hendro menjadi penyumbang medali emas pertama bagi tim Jabar pada Kejurnas Atletik 2022. Hendro masih menjadi yang tercepat dan menyumbang medali emas pertama dari nomor spesialisasinya, jalan cepat.

    Bertanding di kawasan Madukoro Raya, Krobokan, Semarang Barat, Minggu (7/8/2022), Hendro membuktikan diri sebagai yang terbaik di nomor jalan cepat 20 km kelompok senior putra. Atlet asal Kabupaten Bogor itu berhasil mencatatkan waktu tercepat 1:35:27.

    fokusjabar.id kejurnas atletik 2022 Jabar
    Atlet asal Kabupaten Kuningan, Laysa Putri S. meraih medali perak usai menempati posisi kedua dibawah atlet DKI Jakarta, Ani Nuraini pada nomor Lontar Martil putri U18. (FOTO: Istimewa)

    Catatan waktu yang diraih Hendro pada gelaran kejurnas kali ini, lebih lambat dibandingkan saat meraih medali perak pada SEA Games 2021 lalu di Vietnam. Peraih 4 medali emas berturut-turut di ajang SEA Games (2013, 2015, 2017, 2019) ini berhasil mencatatkan waktu 1:35:21 pada multievem olahraga Asean edisi ke-31 tersebut.

    “Persiapan untuk kejurnas ini sendiri kan mepet, bisa dibilang singkat. Meski tidak mencapai catatan waktu terbaik, cukup puas dengan hasil yang diraih. Ini prestise tersendiri bagi saya,” kata Hendro saat ditemui usai pertandingan, Minggu (7/8/2022)..

    Raihan medali emas tersebut, diharapkan Hendro bisa memacu atlet-atlet Jabar lainnya untuk meraih hasil maksimal pada kejurnas kali ini. Sehingga raihan medali tim Jabar bisa bertambah.

    “Semoga raihan kali ini menjadi pemacu teman-teman dan adik-adik saya di kejurnas untuk bisa meraih medali juga. Berharapnya jadi motivasi temen-temen di nomor yang lain,” kata Hendro.

    Sementara satu medali perak bagi Jabar, disumbangkan Laysa Putri S. Atlet asal Kabupaten Kuningan ini harus puas dengan medali perak usai menempati posisi kedua dibawah atlet DKI Jakarta, Ani Nuraini pada nomor Lontar Martil putri U18.

    Laysa hanya mampu melakukan lontaran sejauh 43,35 meter. Dibawah hasil lontaran Ani yang mecapai 46,70 meter dan berhasil meraih medali emas.

    BACA JUGA: Jabar Percayakan Wanadri Untuk Penanaman Mangrove Disepanjang Pantai Utara

    fokusjabar.id kejurnas atletik 2022 Jabar
    Ketua Umum PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan menyerahkan medali kepada para pemenang nomor lari 3000 meter putra U-18 pada Kejurnas Atletik 2022. (FOTO: Istimewa)

    Kejurnas Atletik 2022 dibuka secara langsung oleh Ketua Umum PB PASI Luhut Binsar Pandjaitan di gelanggang olahraga Tri Lomba Juang, Kota Semarang, Jateng, Sabtu (6/8/2022). Pembukaan ditandai dengan tembakan start yang dilakukan langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia tersebut di nomor lari 3000 meter putra U18.

    Dalam sambutannya, Luhut berpesan para atlet harus fokus dan konsenstrasi pada pertandingan untuk mencapai hasil terbaik. Bahkan, Luhut sudah menyiapkan bonus tambahan bagi para atlet yang meraih prestasi maksimal yakni memecahkan rekor nasional.

    “Atlet jangan terlalu banyak bicara yang tidak perlu di luar, konsentrasi kepada tugas masing-masing sehingga bisa berprestasi dengan baik. Jika ada yang mencetak prestasi luar biasa seperti memecahkan rekor nasional, saya akan berikan tambahan bonus,” Luhut menegaskan.

    Dari ajang kejurnas kali ini, lanjut Luhut, PB PASI akan mencari bibit-bibit atlet potensial untuk dimasukkan ke kamp pemusatan latihan yang sudah disiapkan. Yakni di Timika, Papua dan Pangalengan, Jabar.

    Selain itu, PB PASI pun akan menyiapkan berbagai program pelatihan atlet yang salah satunya pengiriman atlet ke negara-negara yang memiliki sejarah di cabang olahraga atletik. Diantaranya Jamaika, Kenya, dan China.

    “Kita juga akan cari bapak angkat untuk atletik sesuai harapan pengda. Sehingga atlet bisa berprestasi dengan baik, termasuk masa depan yang terjamin dan lebih baik,” kata Luhut.

    Kejurnas Atletik 2022 sendiri digelar selama enam hari, mulai Sabtu (6/8/2022) hingga Kamis (11/8/2022) dengan mempertandingan 125 nomor di tiga kategori usia yakni remaja (U-18), junior (U-20), dan senior. Total 1500 atlet dari 34 provinsi ikut serta dalam kejurnas yang memperebutkan total hadiah mencapai Rp1,8 milyar.

    Pada hari ketiga, Senin (8/8/2022), ada sekitar 20 nomor pertandingan yang memasuki babak final di kategori usia junior dan senior. Pertandingan sendiri akan dimulai pada sore hingga malam hari di gelanggang olahraga Tri Lomba Juang, Kota Semarang.


    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img