spot_img
Jumat 12 Agustus 2022
spot_img
More

    Pengurus DPC Demokrat Ciamis Datangi Kantor PWI dan IJTI, Ada Apa?

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) silaturahmi ke dua organisasi profesi wartawan, Jumat (5/8/2022).

    Ke-dua organisasi wartawan tersebut, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Galuh Raya dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

    Ketua DPC Partai Demokrat Ciamis, Anjar Asmara menyampaikan, IJTI dan PWI merupakan wadah untuk para wartawan. Untuk menjalankan pilar demokrasi harus terjalin komunikasi yang sinergi antara politisi dan pers.

    Salah Satu tujuan DPC Demokrat bersilaturahmi ke kantor PWI Ciamis karena pers merupakan salah satu pilar demokrasi penting yang berperan menjadi barometer perkembangan suatu bangsa.

    BACA JUGA: KPU Nyatakan Demokrat Sudah Lengkapi Dokumen Calon Peserta Pemilu 2024

    Anjar menerangkan, PWI terlahir satu tahun setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1946. PWI merupakan organisasi profesi yang tentu sudah diakui Dewan Pers. Menaungi wartawan-wartawan se Nusantara dari sabang sampai merauke yang melahirkan karya jurnalistik yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai kode etik jurnalistik dan undang-undang pers.

    “Umur PWI ini lebih tua dari partai Demokrat sendiri,” ucap Anjar.

    Anjar menambahkan, IJTI juga merupakan salah satu organisasi yang diakui Dewan Pers. Memiliki wartawan- wartawan berkompetisi yang selalu memberitakan peristiwa-peristiwa faktual dan mengedukasi di media televisi.

    Melalui karya-karya jurnalistik yang baik dari wartawan IJTI dan PWI, kritik sosial akan tersampaikan secara bijaksana dengan muatan edukasi yang baik. Untuk tetap menjaga keseimbangan fakta sosial dengan dinamika kebijakan-kebijakan politik yang ada saat ini.

    “Termasuk dalam mengkritisi Demokrat. Kami tidak alergi dengan kritik positif untuk bersama membangun Ciamis,” kata Anjar.

    Demokrat Ciamis
    Pengurus DPC Demokrat Ciamis bersilaturahmi ke IJTI Galuh Raya.

    Anjar menuturkan, keberadaan berita yang baik melalui media konvensional ini sangat penting sebagai sumber yang valid untuk menangkal berita hoaks, tidak bertanggung jawab dan menyesatkan.

    “Ini menjadi kekhawatiran kita bersama. Maka dari itu partai politik dan pers harus memiliki sinergi dengan kepentingan membangun bangsa khususnya di Kabupaten Ciamis,” tegas Anjar.

    Sekretaris DPC Demokrat Erik Krida Setya mengungkapkan, dalam kiprah politik Partai Politik sangat membutuhkan media. Dalam menyampaikan memperjuangkan aspirasi masyarakat, keberadaan Pers menjadi salah satu elemen penting.

    “Kita harus menjalin komunikasi yang baik dengan media. Saling memberi masukan ke arah dinamis dan inovatif,” ucap Erik

    Termasuk dalam mengkritisi para kader Demokrat. Erik menegaskan akan tegas jika memang ada kader yang menyimpang tidak searah dengan visi misi DPC Demokrat Ciamis.

    “Kita agan tegas, jika memang ada kader yang menyimpang, silahkan hengkang,” tegas Erik.

    Sementara itu Ketua IJTI Galuh Raya Yosef Trisna mengungkapkan, intinya pihaknya menyambut baik terkait keinginan partai demokrat DPC ciamis untuk bersinergis dan berkolaborasi dengan IJTI.

    “Untuk kemajuan pembangunan di Ciamis khususnya. Tanpa mengurangi keprofesionalan kita sebagai jurnalis televisi,” jelas Yosef.

    BACA JUGA: Demokrat Jabar Dukung DPP Tunjuk Didik Mukrianto jadi Plt DPD Kepri

    Yosep mengatakan, IJTI Galuh Raya perdana baru pertama kali mendapat kunjungan silaturahmi dari Parpol. Dan berharap silaturahmi ini bisa terus terjaga.

    Sementara itu Ketua PWI Kabupaten Ciamis Subagja Hamara menyampaikan terima kasih atas silaturahmi dari pengurus DPC Partai Demokrat Ciamis.

    Bagja menjelaskan, dalam kerjanya wartawan dibawah naungan PWI tetap menjaga netralitas, beradab dan memihak kepada kebenaran.

    “Dalam melaksanakan kerja jurnalistik, bukan hanya dilindungi oleh undang-undang pers tapi juga memiliki kewajiban untuk menjaga integritas,” ucap Bagja.

    (Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img