spot_img
Jumat 12 Agustus 2022
spot_img
More

    Jabar Kirim 65 Atlet ke Kejurnas Atletik di Semarang

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jawa Barat mengirimkan 65 atlet pada kejuaraan nasional (kejurnas) Atletik 2022 yang digelar di gelanggang olahraga Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah, 6-11 Agustus 2022. Rencananya, kejurnas akan dibuka secara langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan.

    Ketua Umum Pengprov PASI Jabar, Aan Johana mengatakan, ke-65 atlet Jabar yang akan berlaga di kejurnas berdasarkan hasil pemantauan pada gelaran Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik Jabar Seri I tahun 2022 yang digelar di lintasan atletik SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Jumat-Sabtu (1-2/6/2022).

    “Dari pelaksanaan kejurda tersebut, ada 82 atlet yang kita panggil untuk persiapan menghadapi kejurnas. Namun dari jumlah tersebut, hanya 65 atlet saja yang diberangkatkan ke Semarang,” kata Aan saat ditemui di sekretariat PASI Jabar, komplek olahraga Pajajaran, Kota Bandung, Jumat (5/8/2022).

    Ke-65 atlet yang akan berlaga di kejurnas, berasal dari 19 kota/kabupaten di Jabar. Mereka terbagi di tiga kelompok usia yakni U18 sebanyak 17 atlet, lalu U20 sebanyak 19 atlet dan senior sebanyak 29 atlet.

    “Para atlet akan didampingi oleh 9 orang pelatih dan 13 ofisial yang akan memberikan pelayanan bagi mereka selama berlaga pada kejurnas tersebut,” Aan mnuturkan.

    BACA JUGA: KPU Nyatakan Demokrat Sudah Lengkapi Dokumen Calon Peserta Pemilu 2024

    Meski demikian, beberapa atlet unggulan Jabar untuk meraih medali pada kejurnas tersebut tidak bisa diberangkatkan. Hal ini karena atlet yang bersangkutan harus membela Merah Putih di ajang Islamic Solidarity Games 2022 yang digelar di Turki, 9-18 Agustus 2022.

    “Beberapa atlet andalan kita berangkat ke Turki, salah satunya Eki Febri Ekawati. Selain itu, ada atlet yang mengalami cedera dan sakit sehingga batal ikut di kejurnas,” kata Aan.

    Tak hanya itu, Aan mengaku jika kesulitan anggaran menjadi salah satu alasan tidak memberangkatkan seluruh atlet hasil pemantauan di kejurda yakni 82 orang atlet. Bahkan untuk mengikuti kejurnas di Semarang tersebut, pengcab-pengcab PASI kota/kabupaten di Jabar bersedia menanggung pembiayaan untuk para atletnya masing-masing.

    “Kita sangat terbantu karena pengcab PASI Kota/Kabupaten menyatakan siap memberangkatkan atletnya. Kami dari pengprov, akan mendukung perjuangan atlet secara langsung di Semarang saat bertanding,” kata Aan.

    “Kami pun mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, selain dari KONI Jabar, juga dari Apindo Jabar, JNE, serta Vilour. Kami sangat berterimakasih dan mengapresiasinya,” Aan menambahkan.

    Kejurnas Atletik tahun 2022 merupakan penyelenggaraan kejurnas perdana yang dilaksanakan diluar Jakarta dan diawali dengan kegiatan rapat kerja nasional (rakernas). Dalam 40 tahun lebih, penyelenggaraan Kejurnas Atletik selalu digelar di Jakarta.

    Pada kejurnas kali ini, dipertandingkan tiga kategori usia yaitu U18, U20 dan kategori senior. Sekitar 1.500 atlet dari 34 provinsi di Indonesia akan ikut serta dan bertanding pada 124 nomor yang diperlombakan.

    “Dari pelaksanaan kejurnas kali ini, kita tidak terlalu berharap banyak pada pencapaian medali. Yang lebih penting, bagaimana atlet bisa mendapatkan pengalaman bertanding dan melahirakn atlet potensial baru sebagai pengganti atlet senior sebagai persiapan PON XXI,” kata Aan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img