spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Boyong 40 Medali, Kota Bandung Juara Kejurda Atletik Jabar Seri 1 Tahun 2022

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kota Bandung keluar sebagai juara umum pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik Jabar Seri I tahun 2022 yang digelar di lintasan atletik SPOrT Jabar, Jalan Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Jumat-Sabtu (1-2/6/2022). Kota Bandung berhasil mengalahkan pesaing utamanya Kabupaten Kuningan yang berada di posisi runner up.

    Kejurda Atletik Jabar Seri I tahun 2022 sendiri melombakan total 100 nomor pertandingan. Nomor pertandingan tersebut terbagi dalam lima kelompok usia yakni U-14, U-16, U-18, U-20, dan kelompok senior.

    Hingga hari terakhir lomba, Kota Bandung finis di posisi pertama klasemen akhir peraih medali. Total 40 keping medali diraih kontingen PASI Kota Bandung dengan rincian 18 medali emas, 15 perak, dan 7 perunggu.

    Peringkat kedua, ditempati Kabupaten Kuningan yang mengoleksi 17 medali emas, 6 perak, dan 8 perunggu. Sedangkan posisi ketiga dihuni Kabupaten Bogor dengan raihan 13 medali emas, 10 perak dan 9 perunggu.

    fokusjabar.id kejurda atletik jabar
    Pertandingan nomor jalan cepat pada Kejurda Atletik Jabar seri I tahun 2022. (FOTO: Ageng)

    Dari total 18 medali emas yang diraih atlet Kota Bandung, sebanyak 14 medali emas diraih dari nomor pertandingan lintasan. Yakni empat medali emas di nomor 10 ribu meter jalan cepat atas nama Ikina Rizki Kadua (U-18 putra), Kireina Cahya Ramadhani (U-18 putri), Kiki Fitriya (U-16 putri) serta Fitri Nur Fadhilah (senior putri).

    Lalu tiga medali emas di nomor lari 100 meter atas nama Muhamad Ramdan Fitriadi (senior putra), Dzihan Lailatul Mudzalifah (U-16 putri), dan Haniffah Hasnadini (U-18 putri). Di nomor lari 5.000 meter, Kota Bandung pun meraih tiga medali emas melalui Muhammad Bayu Bennudja (U-18 putra), Zalfa Mutiara Putri (U-18 putri) dan Zahra Bulan Aprilia Putri (U-20 putri).

    Lalu di nomor 800 meter, dua medali emas diraih Kota Bandung atas nama Ardiwilaga Kesuma Pratamawira di kategori U-14 putra dan Mutiara Ridzky Dennisa di U-14 putri. Kemudian di nomor 400 meter U18 putri atas nama Hasna Nabila Putri dan nomor 1.500 meter U-18 putra atas nama Muhammad Zahran Rafsa Jani.

    Empat medali emas lain diraih dari nomor pertandingan lapangan. Yakni di nomor lempar lembing U-18 putri atas nama Nesya Awaliya Ramadhani, lalu Rizky Yudha Hidayat di nomor tolak peluru U-16 putra. Kemudian Tuliss Bial Fathannisa yang menyumbangkan dua medali emas dari nomor lempar cakram dan lempar martil kelompok senior putri.

    BACA JUGA: Lolos ke Semifinal Piala Presiden 2022, Pelatih PSS Bersyukur

    Ketua Umum Pengprov PASI Jabar, Aan Johana mengatakan, gelaran kejurda Atletik Jabar seri I diikuti lebih dari 500 atlet dari 27 kota dan kabupaten di Jabar. Ajang kali ini menjadi ajang seleksi atlet untuk persiapan kontingen Jabar menuju Kejurnas Atletik di Semarang, Jateng, yang akan digelar Agustus 2022 mendatang.

    “Selain itu, seri pertama ini pun menjadi ajang kualifikasi terakhir bagi atlet untuk bisa tampil di Porprov XIV Jabar pada November 2022 mendatang,” kata Aan usai pelaksanaan kejurda, Sabtu (2/7/2022).

    Untuk pelaksanaan Kejurnas Atletik di Semarang pada Agustus 2022 mendatang, Aan mengatakan, pihaknya berencana mengirimkan tiga besar di setiap nomor yang dipertandingkan pada Kejurda Atletik Jabar Seri I. Meski demikian, kepastian jumlah atlet yang dikirimkan akan disesuaikan dengan kondisi anggaran yang dimiliki.

    “Harapan kita bisa mengirimkan juara satu hingga tiga di setiap nomor. Tapi kita akan sesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang kita miliki serta bantuan dari KONI Jabar,” Aan menambahkan.

    Untuk pelaksanaan kejurda sendiri, lanjut dia, rencananya akan digelar sebanyak dua seri. Seri kedua atau seri terakhir dari Kejurda Atletik Jabar 2022, ditetapkan akan digelar di Kabupaten Ciamis.

    “Itu hasil dari rakerprov yang kita gelar kemarin (Kamis, 30/6/2022). Seri kedua ini sekaligus menjadi ajang try out atau test event untuk pelaksanaan pertandingan Atletik pada Porprov XIV Jabar yang akan digelar di Ciamis,” kata Aan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img