spot_img
Jumat 12 Agustus 2022
spot_img
More

    Waduh, Ditemukan Satu Pasien Suspek Cacar Monyet di Semarang

    SEMARANG,FOKUSJabar.id: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan, bakal memantau ketat kasus suspek cacar monyet atau monkeypox yang ditemukan di Semarang, Jawa Tengah.

    Juru Bicara Kemenkes M Syahril menerangkan, pasien suspek  tersebut saat ini sedang menjalani perawatan dan diisolasi di rumah sakit swasta, di Jawa Tengah.

    “Pemeriksaan lanjut untuk memastikan cacar monyet atau bukan akan dilakukan pemeriksaan lab PCR untuk memastikannya, bisa saja hanya cacar biasa atau penyakit lain bukan monkeypox,” kata Syahril, Kamis (4/8/2022).

    Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah menyatakan, warga yang tertular penyakit cacar monyet tersebut statusnya masih sebatas suspek atau bergejala.

    BACA JUGA: Siswi di Yogya Dipaksa Berhijab, KPAI Harus Bertindak!

    “Gejala yang dirasakan seperti cacar pada umumnya. Ada temuan bahwa satu warga berstatus suspect cacar monyet dengan kondisi tubuh yang dipenuhi cacar mulai dari kepala sampai kakinya,” kata Kepala Dinkes Jateng, Yunita Dyah Suminar , Selasa (2/8/2022).

    Selain itu, gejala lainnya ialah pasien mengalami demam. Untuk saat ini, ia menjelaskan pasien tersebut kini sedang menjalani isolasi di salah satu rumah sakit wilayah Pantura.

    Kondisi pasien juga masih dipantau secara intensif oleh pihak rumah sakit setempat.

    Dia menyebut, penyakit cacar monyet yang diderita si pasien karena memiliki riwayat perjalanan dan diketahui memiliki kontak erat dengan penderita sebelumnya.

    “Kita belum bisa menyebutkan nama pasien dan dirawat di rumah sakit mana. Tapi yang jelas dia dari wilayah Pantura. Kondisinya masih diisolasi. Kita sedang melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui apakah statusnya terkonfirmasi positif cacar monyet,” kata dia, seperti dilansir IDN.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img