spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Dijamin Menantang, Ini Rekomendasi River Tubing di Jabar

    FOKUSJabar.id: River tubing menjadi salah satu wahana wisata yang sedang populer saat ini, sehingga banyak wisatawan memburu wahana wisata air ini. Ada sejumlah tempat river tubing di Jabar yang direkomendasikan. 

    Berbicara soal river tubing Smiling West Java merekomendasikan tiga spot river tubing yang bisa dijajal, yuk cek dimana aja.

    1. Sungai Ciherang Purwakarta
    River Tubing di Jabar
    River tubing sungai Ciherang Purwakarta. (foto: Web)

    Adrenalin kamu bakal terpacu di Sungai Ciherang, tepatnya di Kampung Tanjaknangsi, Desa Raharja, Wanayasa, Kabupaten Purwakarta. Spot wisata ini bisa menjadi escape run away kamu di akhir pekan.

    Siapkan stamina dan fisik yang kuat, sebab river tubing di sini bisa memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan jalur penelusuran sepanjang 4,5 KM. Tapi jangan khawatir, pengelola wisata dari Ngamprak River Adventure akan memandu secara profesional.

    BACA JUGA: Keindahan Alam Ciamis Berpontensi Untuk Dijadikan Kawasan Wisata

    Para pemandu juga akan berjaga di sepanjang aliran sungai untuk memastikan wisatawan tetap aman selama mengikuti aliran Sungai Ciherang yang arusnya agak deras. Perlu dicatat, wisatawan akan diberikan helm dan jaket pelampung sebelum berpetualang.

    Sensasi memacu adrenalin dan pemandangan alam yang disuguhkan membuat penyusuran dua jam lebih tak terasa. Tahu-tahu, ban yang dinaiki sudah memasuki titik finis di wilayah Kampung Babakan, Desa Raharja. Dari sini wisatawan akan kembali diangkut ke titik start.

    Untuk merasakan sensasi dataran tinggi Purwakarta di Sungai Ciherang, wisatawan bisa merogoh kocek sekitar Rp 120.000. Di sana juga tersedia penginapan dan tempat menyantap sate maranggi yang menjadi kuliner khas Purwakarta.

    1. Sungai Santirah Pangandaran

    Tak kalah dengan sensasi river tubing di Purwakarta, Sungai Santirah di Pangandaran bakal membuat kamu terhipnotis dengan pemandangan relief kars dan sungai berwarna hijau yang menambah sensasi kesegaran.

    Akses menuju Santirah hanya 13 kilometer dari pusat kota Pangandaran dengan taksiran 35 menit perjalanan. Lokasi tepatnya terletak di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

    Tak hanya relief kars, air terjun yang meluncur dari kanan dan kiri bakal menambah keseruan river tubing di Santirah. Penyusuran 1,5 KM di Sungai Santirah ini juga dihiasi dengan eksplorasi gua yang cukup panjang dan gelap.

    Setelah menghanyutkan diri di Santirah, kamu juga bisa merasakan nikmatnya nasi liwet dengan lauk ikan atau ayam bakar, sambel terasi, goreng ikan asin yang menggugah selera. Stamina bakal lebih cepat pulih dengan air kelapa yang menjadikan momen bersantap lebih nikmat.

    Santirah bisa dilalui memakai kendaraan pribadi dan mobil umum dari Pangandaran jurusan Parigi. Menggocek uang sekitar Rp 20 ribu.

    Untuk harga river tubing berkisar dari Rp 100.000 hingga Rp 135.000 per orang dengan rombongan minimal 10 orang. Harga tersebut sudah termasuk pemandu, tiket wisata, parkir, peralatan river tubing, asuransi, makan nasi liwet, dan dokumentasi.

    Fasilitas di tempat wisata juga sudah lengkap, penginapan, terdapat beberapa gazebo dan loker untuk menyimpan barang dan bersantap setelah river tubing, dan juga telah terdapat toilet yang memadai dan juga warung-warung kecil.

    1. Sungai Cikuluwung Bogor

    Satu lagi objek wisata river tubing di Jabar. Kali tempatnya ada di Kopi Tubing berlokasi di Jalan Gunung Menir, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Di sana ada paket river tubing untuk anak-anak.

    River tubing Fun Ride jaraknya hanya sekitar 100 meter untuk dua kali balikan dengan harga sekitar Rp 55 ribu per orang. Sarana ini bisa melatih keberanian anak-anak terhadap air di Sungai Cikuluwung yang airnya tenang nan jernih. Jangan khawatir, anak-anak dipakaikan pelampung agar lebih aman saat beraktivitas di air.

    Sedangkan untuk orang dewasa, river tubing Adventure Ride harganya berkisar Rp 127.000 per orang untuk minimal enam orang peserta. Pengelola akan memberikan harga khusus seiring dengan semakin banyaknya jumlah peserta yang ikut.

    BACA JUGA: Melihat Keindahan Wisata Karang Potong Ocean View Cianjur

    Untuk orang dewasa, jalur river tubing dengan sajian keasrian alam Bogor akan berjarak sekitar 800 meter hingga 1 kilometer. Disarankan untuk melakukan konservasi minimal tiga hari sebelum kegiatan untuk memastikan jalur river tubing aman.

    Salah satu hal menarik lainnya dari river tubing di sini adalah wisatawan bisa langsung ‘recharge’ dengan memesan kopi dan aneka kuliner yang disajikan oleh pengelola Kopi Tubing.

    Sebab, tak hanya menyajikan river tubing, di sini juga ada restoran dan spot foto instagramable dengan latar persawahan yang alami.

    Demikian rekomendasi tiga tempat wisata river tubing yang direkomendasikan Smiling West Java.

    Berita Terbaru

    spot_img