spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Dihujat Netizen Gegara Citayam Fashion Week, Baim Wong Buka Suara

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Netizen ramai-ramai menghujat artis Baim Wong lantaran perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

    Baim Wong pun akhirnya buka suara, ia menyatakan pihaknya berniat menjadikan Citayam Fashion Week sebagai ajang untuk membuat trend ini menjadi wadah yang legal

    “Citayam Fashion Week ini bukan milik saya. Ini milik mereka semua, ini milik Indonesia. Saya hanyalah orang yang punya visi menjadikan Citayam Fashion Week sebagai ajang untuk membuat trend ini menjadi wadah yang legal, dan gak musiman. Dan yang paling penting, bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia,” tulis Baim melalui akun Instagramnya, Senin (25/7/2022).

    Baim mengatakan, mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke HAKI bertujuan untuk mengembangkan fesyen Indonesia. Terlebih, kata Baim, istrinya paham dunia fesyen.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil: 43 Jembatan di Garut Akan Dibangun Kembali

    “Kenapa saya tergerak? Berawal ini semua karena istri saya, karena dia mengerti dunia fashion, dan dia melihat Citayam Fashion Week ini adalah gerakan di mana orang-orang sudah memperdulikan fashion. Dan ternyata di Indonesia, fashion itu gak harus mahal, dan mereka bangga memakainya. Kebanggaan itu adalah achievement yang penting dan itu harus dibudidayakan,” kata dia.

    Baim menyebut, orang-orang dengan mimpi besar harus membantu pengembangan Citayam Fashion Week. Menurutnya, ketika ingin membuat sesuatu menjadi besar, tentu membutuhkan biaya.

    “Terlalu banyak risiko ketika mempunyai cita-cita atau tujuan yang besar, karena membuat sesuatu menjadi besar pasti memerlukan biaya,” katanya, seperti dilansir IDN.

    Lebih lanjut, Baim mengaku sudah berkomunikasi dengan Bonge, Roy dan kawan-kawan terkait dengan pendaftaran merek Citayam Fashion Week ke HAKI. Dia menegaskan, Citayam Fashion Week nantinya tidak hanya dimiliki sendiri.

    “Saya pun bilang ini kepada mereka semua (Bonge), Roy, Kurma, Jeje waktu itu lagi sakit, tapi saya sudah undang juga). Persis sehari sebelum berita ini ada. Hasil dari sini, saya belum tahu ada atau gak, tapi kalaupun ada, itu akan jadi milik kalian juga. Dan bukan cuma itu, ingat ada nama Citayam di depannya, ini juga milik mereka,” ujar dia.

    Kendati demikian, tak urung aksi Baim Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke DJKI juga ditentang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

    “Nasehat saya tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersil. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula,” ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam akun Instagram pribadi miliknya, Senin (25/7/2022).

    Menurutnya, sekali kegiatan ini dibuat formal dan mewah, apalagi oleh orang luar, maka hilang sudah tujuan dan maksudnya. Biasanya jika sudah demikian, Emil khawatir gerakan tersebut justru akan mati muda.

    Emil berharap agar CFW ini tetap menjadi ajang fashion jalanan, bukan kemudian dibawa ke Sarinah, podcast, atau harus secara internasional.

    “Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture,” kata dia.

    Ada kalanya, lanjut Emil, para pelaku di CFW hanya butuh ruang ekspresi, sehingga tidak perlu negara ikut campur terlalu jauh. Menurut Ridwan Kamil, tidak perlu pula individu-individu di luar komunitasnya ikut mengatur kegiatan tersebut.

    “Jika pun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka, bukan Anda,” kata dia.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img