spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Sertifikasi Ahli Gigi, STGI Jamin Kualitas Pelayanan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Serikat Tukang Gigi Indonesia (STGI) mendorong para anggotanya memiliki sertifikasi kompetensi. Hal itu penting untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat (pelanggan).

    “Ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat guna mendapatkan pelayanan terbaik,” kata Sekjen DPP STGI Muhammad Jufri dalam Rakorwil STGI Jabar, di Bandung, Sabtu (16/7/2022).

    Selama ini, kata Jufri, pihaknya terus mendorong sertifikasi bagi anggotanya, karena sertifikasi adalah hal penting guna menjaga kepercayaan pelanggan atas pelayanan yang diberikan.

    BACA JUGA: 4 Cara Alami Atasi Gigi Berlubang

    “Sertifikasi ini wajib dimiliki setiap anggota STGI. Saat ini, dari 2 ribu anggota, 80 persennya sudah bersertifikat. Acara hari ini pun peserta diberikan pelatihan untuk mendapat sertifikasi. Sekarang tersisa 20 persen anggota belum memiliki sertifikasi kompetensi. Kami terus dorong agar mereka mumpuni dan layak memiliki sertifikasi,” kata dia.

    Izin

    Kaitannya dengan perizinan, dari 27 kabupaten / kota di Jabar, baru selesai 18, atau masih ada sembilan kabupaten/kota yang belum selesai, bahkan sulit.

    “Makanya kami undang Dinas Kesehatan agar mengetahui kondisi dan penyebab perizinan susah. Ternyata banyak sekali persyaratan yang harus diikuti dari aturan pemerintah,” kata dia.

    Sementara itu, Ketua STGI Jabar Ahmad Sulhan sangat ketat menyeleksi anggotanya yang ingin memiliki sertifikasi kompetensi sebagai ahli gigi. Pihaknya ingin tukang gigi yang memiliki sertifikasi benar-benar andal, kompeten dan profesional.

    “Makanya kami seleksi terlebih dahulu sebelum memasuki pelatihan untuk mendapat sertifikasi. Termasuk ditekankan kepada seluruh anggota agar tempat praktiknya higienis,” kata Sulhan.

    Selain tetap menjaga higienis, STGI pun menerapkan aturan plang standar sesuai AD ART. Anggota STGI akan memiliki plang khusus berlogo STGI dan standar AD ART.

    BACA JUGA: 6 Cara Menghilangkan Karang Gigi

    “Jadi masyarakat bisa langsung mengetahui bahwa tukang gigi ini kompeten dan bersertfikat,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img