spot_img
Senin 22 April 2024
spot_img
More

    4 Cara Alami Atasi Gigi Berlubang

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gigi berlubang akan menyebabkan berbagai masalah, salah satunya sakit gigi. Kondisi satu ini kerap kali dialami oleh siapa saja, baik anak anak maupun lansia. Untuk mengatasi sakit gigi yang terjadi akibat adanya lubang tersebut, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Untuk itu, kali ini akan diulas cara atasi gigi berlubang yang perlu anda tahu.

    Tips Mengatasi Gigi Berlubang Yang Wajib Anda Tahu

    Gunakan Bahan Alami, Berikut 4 Cara Atasi Gigi Berlubang

    1. Gunakan Daun Sirih

    Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk mengatasi gigi berlubang adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Seperti yang anda tahu, daun sirih merupakan resep yang sudah lama digunakan oleh nenek moyang. Dimana dengan menggunakan daun satu ini memang terbukti ampuh untuk mengatasi sakit gigi.

    BACA JUGA: 416 Pegawai KPK yang Lolos TWK Ingin Pelantikan ASN Ditunda

    Tak hanya itu saja, daun sirih ini juga memiliki manfaat lain yang bagus untuk gigi. Diantaranya adalah mampu untuk menguatkan gigi, menghentikan pendarahan yang terjadi pada gusi dan juga menghilangkan bau mulut. Dengan fungsinya sebagai antiseptik alami ini, maka daun sirih dapat menjadi salah satu cara atasi gigi berlubang.

    2. Daun Jambu Biji

    Selain daun sirih, anda juga bisa memanfaatkan daun jambu biji. Daun satu ini memiliki manfaat untuk mengatasi gigi berlubang. Sebab, daun jambu bisa memiliki fungsi sebagi antibakteri. Yang mana dapat berguna untuk menjaga kesehatan mulut dan juga gigi. Tak hanya itu saja, fungsi lain dari daun jambu biji adalah mampu untuk menghilangkan rasa sakit yang terdapat pada gigi.

    Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat di dalam jambu biji akan berfungsi sebagai analgesik, antibakteri dan juga anti inflamasi yang kuat. Untuk membuatnya, anda hanya perlu untuk merebus daun jambu biji yang telah dicuci bersih dengan segelas air. Kemudian, anda pun bisa menggunakannya untuk berkumur. Tidak hanya itu, anda juga bisa langsung mengunyah daun tersebut.

    3. Belimbing Wuluh

    Bahan alami lain yang bisa anda gunakan sebagai cara atasi gigi berlubang adalah belimbing wuluh. Ternyata rasa asam yang dimiliki oleh belimbing wuluh memiliki fungsi sebagai antibakteri. Sehingga sangat efektif untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mulut dan gigi yang berlubang.

    Untuk menggunakan belimbing wuluh sebagai obat untuk gigi yang berlubang, anda bisa menumbuk secara halus 2 biji dari belimbing wuluh yang belum terlalu matang. Selanjutnya, hasil tumbukan tersebut bisa anda oleskan pada gigi yang sakit akibat adanya lubang. Lakukan secara rutin, hingga rasa sakit menghilang.

    4. Jeruk Nipis

    Selain ketiga metode tersebut, anda juga bisa memanfaatkan jeruk nipis. Bumbu dapur yang mudah ditemui ini bisa anda gunakan untuk mengatasi sakit gigi akibat adanya lubang. Hal ini dikarenakan jeruk nipis tersebut akan berfungsi sangat efektif untuk membasmi bakteri yang ada pada mulut dan gigi yang berlubang. Sehingga memiliki fungsi yang sama dengan lemon.

    Bagi anda yang ingin menggunakan cara atasi gigi berlubang dengan jeruk nipis ini, maka langkah langkah pembuatannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu untuk memeras dua buah jeruk nipis. Kemudian, campurkan jeruk nipis tersebut dengan segelas air hangat. Gunakan campuran air hangat dan jeruk nipis tersebut untuk berkumur.

    Itulah beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gigi yang berlubang. Namun, jika lubang yang ada pada gigi semakin besar dan rasa sakit yang anda derita semakin parah, ada baiknya anda segera mengunjungi dokter gigi terdekat untuk mendapatkan penanganan.

    (Antik Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img