spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    6 Cara Menghilangkan Karang Gigi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Cara menghilangkan karang gigi bagi kebanyakan orang tahu yakni dengan menyikat gigi, membersihkan dengan benang gigi atau flossing dan, berkumur dengan obat kumur antiseptik paling tidak bisa mengontrolnya.

    Melansir CNN, jika menghilangkan plak secara teratur maka kerusakan gigi permanen dan penyakit gusi bisa dicegah. Masalah besar lain yang muncul jika plak tetap ada di gigi dan mengeras adalah, timbulnya karang gigi.

    Berikut cara menghilangkan karang gigi dan mengontrolnya.

    Flossing
    Tak peduli seberapa baik Anda menggunakan sikat gigi, benang gigi atau flossing adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan plak di antara gigi Anda dan mencegah karang gigi muncul pada area-area yang sulit dijangkau.

    BACA JUGA: Waspada! Mata Kering Bisa Pertanda Sjogrens Syndrome

    Gunakan obat kumur
    Bilas dan bersihkan gigi Anda dengan obat kumur antiseptik setiap hari untuk membantu membunuh bakteri penyebab plak.

    Perhatikan diet
    Bakteri pada mulut Anda berkembang biak dengan makanan manis dan bertepung. Saat mereka terpapar jenis makanan tersebut, bakteri akan melepaskan asam berbahaya.

    Cobalah mengonsumsi makanan yang sehat dan batasi jumlah makanan manis. Ini berlaku pula untuk camilan. Tak harus berhenti makan permen atau mengunyah camilan. Anda cukup berhati-hati saja.

    Setiap kali Anda makan, Anda juga memberi makan bakteri di mulut Anda. Sikat dan minum banyak air putih selama dan setelah makan.

    Sikat gigi
    Sikat gigi Anda secara teratur dua kali sehari selama 2 menit. Gosok gigi selama 30 detik dua kali sehari akan membantu menghilangkan plak atau mencegah karang gigi.

    Gunakan sikat dengan bulu lembut yang cukup kecil untuk masuk ke mulut dan sela gigi. Pastikan untuk masuk dan membersihkan pula permukaan yang sulit dijangkau di belakang gigi dan gigi geraham belakang.

    Penelitian menemukan, sikat gigi elektronik atau yang bertenaga bisa menghilangkan plak lebih baik dibanding sikat gigi manual. Tapi apapun jenisnya, pastikan sikat gigi Anda aman dan telah melewati uji kontrol serta kualitas.

    Cermati pilihan pasta gigi
    Pilih pasta gigi pengontrol karang gigi dengan fluorida. Fluorida akan membantu memperbaiki kerusakan enamel.

    Beberapa produk memiliki zat yang disebut triclosan yang melawan bakteri dalam plak.

    Jangan merokok
    Studi menunjukkan bahwa orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lain lebih mungkin mengidap karang gigi.

    Setelah terbentuk, hanya dokter gigi lah yang dapat menghilangkan karang gigi. Jadi, kunjungi dokter gigi Anda setiap enam bulan untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang mungkin terbentuk dan untuk mencegah masalah lebih lanjut.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img