Minggu 20 September 2020

6 Cara Menghilangkan Karang Gigi

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Cara menghilangkan karang gigi bagi kebanyakan orang tahu yakni dengan menyikat gigi, membersihkan dengan benang gigi atau flossing dan, berkumur dengan obat kumur antiseptik paling tidak bisa mengontrolnya.

Melansir CNN, jika menghilangkan plak secara teratur maka kerusakan gigi permanen dan penyakit gusi bisa dicegah. Masalah besar lain yang muncul jika plak tetap ada di gigi dan mengeras adalah, timbulnya karang gigi.

Berikut cara menghilangkan karang gigi dan mengontrolnya.

Flossing
Tak peduli seberapa baik Anda menggunakan sikat gigi, benang gigi atau flossing adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan plak di antara gigi Anda dan mencegah karang gigi muncul pada area-area yang sulit dijangkau.

BACA JUGA: Waspada! Mata Kering Bisa Pertanda Sjogrens Syndrome

Gunakan obat kumur
Bilas dan bersihkan gigi Anda dengan obat kumur antiseptik setiap hari untuk membantu membunuh bakteri penyebab plak.

Perhatikan diet
Bakteri pada mulut Anda berkembang biak dengan makanan manis dan bertepung. Saat mereka terpapar jenis makanan tersebut, bakteri akan melepaskan asam berbahaya.

Cobalah mengonsumsi makanan yang sehat dan batasi jumlah makanan manis. Ini berlaku pula untuk camilan. Tak harus berhenti makan permen atau mengunyah camilan. Anda cukup berhati-hati saja.

Setiap kali Anda makan, Anda juga memberi makan bakteri di mulut Anda. Sikat dan minum banyak air putih selama dan setelah makan.

Sikat gigi
Sikat gigi Anda secara teratur dua kali sehari selama 2 menit. Gosok gigi selama 30 detik dua kali sehari akan membantu menghilangkan plak atau mencegah karang gigi.

Gunakan sikat dengan bulu lembut yang cukup kecil untuk masuk ke mulut dan sela gigi. Pastikan untuk masuk dan membersihkan pula permukaan yang sulit dijangkau di belakang gigi dan gigi geraham belakang.

Penelitian menemukan, sikat gigi elektronik atau yang bertenaga bisa menghilangkan plak lebih baik dibanding sikat gigi manual. Tapi apapun jenisnya, pastikan sikat gigi Anda aman dan telah melewati uji kontrol serta kualitas.

Cermati pilihan pasta gigi
Pilih pasta gigi pengontrol karang gigi dengan fluorida. Fluorida akan membantu memperbaiki kerusakan enamel.

Beberapa produk memiliki zat yang disebut triclosan yang melawan bakteri dalam plak.

Jangan merokok
Studi menunjukkan bahwa orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lain lebih mungkin mengidap karang gigi.

Setelah terbentuk, hanya dokter gigi lah yang dapat menghilangkan karang gigi. Jadi, kunjungi dokter gigi Anda setiap enam bulan untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang mungkin terbentuk dan untuk mencegah masalah lebih lanjut.

(Agung)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Mantan Kades Nagarajaya Ciamis Ditangkap Polisi

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sat Reskrim Polres Ciamis ungkap kasus korupsi dan...

Wow! Irish Bella dan Ammar Zoni Melahirkan Anak Pertama

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni tengah diselimuti kebahagian. Bella baru saja melahirkan anak pertamanya, Jumat (18/9/2020). Irish Bella membagi kabar gembira itu lewat...

Ada-ada Saja, Pejabat India Sebut Mandi Lumpur Bisa Obati Covid-19

INDIA,FOKUSJabar.id: Seorang pejabat India mengusulkan obat aneh untuk virus corona (Covid-19). Dia adalah Sukhbir Singh Jaunapuria. Dilasir dari suara.com, Jaunapuria merekam dirinya duduk di genangan...

1 Apartemen di Jaktim Terbakar Akibat Puntung Rokok?

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Kasi Pencegahan Damkar Jakarta Timur (Jaktim), Edi Purwako mengatakan, api yang membakar satu tempat tinggal warga di Apartemen Central Timur, Pulogebang, Minggu (13/9/2020)...

Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Negatif Covid-19

CIREBON,FOKUSJabar.id: Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Fitria Pamungkaswati dinyatakan negatif Covid-19 usai menjalani tes swab. Berdasarkan hasil pemeriksaan tes RT-PCR Diagnosis Covid-19 No. 02763/LK-PA/IX/2020 yang...

Polda Jabar Ajak Masyarakat Bersinergi Jaga Ketertiban dan Keamanan

BANJAR,FOKUSJabar.id: Polda Jabar mengajak masyarakat untuk bersinergi dalam menjaga ketertiban dan keamanan di berbagai wilayah di Jabar. "Potensi masyarakat mempunyai kemampuan untuk membantu kinerja Polri....

Masih Terapkan AKB, Kota Bandung Tak Batasi Wisatawan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung belum melakukan pembatasan bagi wisatawan hingga saat ini, meski tengah melaksanakan adaptasi kebiasaan baru (AKB) secara ketat. "Belum ya, belum...