spot_img
Minggu 5 Mei 2024
spot_img
More

    Peserta Pelatihan Menjahit Disnaker Ciamis Lewati Proses Seleksi

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) calon pencari kerja di Kabupaten Ciamis, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ciamis buka pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja untuk kejuruan menjahit.

    Sebanyak 20 peserta mengikuti pelatihan kejuruan menjahit dari Disnaker yang berasal dari Kecamatan Ciamis kegiatan itu berlangsung selama 12 hari terhitung dari, 15 sampai 29 Juli 2022.

    “Ini untuk kejuruan menjahit ada 20 orang yang sudah lolos seleksi dan khusus untuk peserta yang berasal dari wilayah Kecamatan Ciamis,” kata Sekretaris Disnaker Ciamis, Dase Yusril Mubarak, Jumat (15/7/2022).

    BACA JUGA: Polres Ciamis Berikan Pendidikan Lalu Lintas Langsung Pada Masyarakat

    Dase menjelaskan, dengan dilakukannya pelatihan itu Disnaker Ciamis berupaya meningkatkan kualitas SDM para pencari kerja agar memiliki kompetensi dalam bidang pekerjaan.

    “Masyarakat Ciamis harus punya keahlian kita juga bukan hanya melatih kejuruan menjahit saja ada juga otomotif, komputer dengan desain grafis, digital, dan pertanian,” kata dia.

    Lebih lanjut, setelah mengikuti kegiatan tersebut para peserta diharapkan bisa berwirausaha atau ditempatkan di perusahaan. Pasalnya pihaknnya telah bermitra dengan perusahaan garmen.

    “Peserta pelatihan akan mendapat sertifikat dan apresiasi dari Disnaker berupa uang kadeudeuh terus bagi peserta yang sudah ikut pelatihan tidak bisa lagi ikut pelatihan kejuruan yang lain untuk tujuan pemerataan,” kata dia..

    Ada beberapa kriteria peserta yang wajib mengikuti pelatihan diantaranya, bukan mahasiswa aktif, tidak pernah mengikuti kegiatan pelatihan dan betul-betul belum memiliki pekerjaan.

    “Siapa saja boleh ikut mau usia diatas 25 tahun ke atas juga selama mereka bukan mahasiswa dan belum bekerja kita juga ada rutinitas pelatihan kemarin di Sadananya, Lakbok sekarang di Kecamatan Ciamis,” katanya..

    Sementara itu salah satu peserta pelatihan Henia Fitriyani mengatakan, dengan dilakukannya kegiatan itu keterampilan akan semakin meningkat dan memudahkan untuk mencari lowongan pekerjaan.

    BACA JUGA: Laris Manis, Penjual Buku Dadakan Di Pasar Ciamis Diserbu Pembeli

    “Kita sebagai peserta pelatihan kejuruan menjahit bisa membuka lowongan pekerjaan sehingga bisa menimalisir pengangguran di Ciamis dan nyari kerja juga jadi mudah. Ini sangat bermanfaat,” kata dia.

    Dia juga berharap setelah mengikuti kegiatan itu keterampilannya dalam bidang menjahit semakin meningkat agar bisa membuka usaha butiq sendiri.

    “Waktu itu saya ikut pendaftaran pelatihan ini di rumah ataki di nasol setelah melewati proses seleksi Alhamdulillah saya terpilih bisa ikut pelatihan,” pungkasnya.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img