spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Mengenal Solid State Drive (SSD)

    FOKUSJabar.id: Solid-state drive (SSD) adalah perangkat penyimpanan solid-state yang menggunakan rakitan sirkuit terintegrasi untuk menyimpan data secara terus-menerus. Biasanya menggunakan memori flash, dan berfungsi sebagai penyimpanan sekunder dalam hirarki penyimpanan komputer.

    Dibandingkan dengan drive elektromekanis, SSD biasanya lebih tahan terhadap guncangan fisik, berjalan secara diam-diam, dan memiliki waktu akses yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah.SSD menyimpan data dalam sel semikonduktor.

    BACA JUGA: Micron Kenalkan MicroSD 1,5 TB

    Pada 2019, sel dapat berisi antara 1 dan 4 bit data. Perangkat penyimpanan SSD memiliki sifat yang berbeda-beda sesuai dengan jumlah bit yang disimpan di setiap sel, dengan sel bit tunggal (“SLC”) umumnya jenis yang paling andal, tahan lama, cepat, dan mahal, dibandingkan dengan sel 2 dan 3 bit (” MLC”dan “TLC”), dan akhirnya sel-sel bit quad (” QLC “) digunakan untuk perangkat konsumen yang tidak memerlukan sifat ekstrem seperti itu dan merupakan yang termurah dari keempatnya.

    BACA JUGA: 5 Fitur Smartphone Kekinian ada di Galaxy A53 5G dan A33 5G

    Selain itu, memori 3D XPoint, menyimpan data dengan mengubah resistansi listrik sel alih-alih menyimpan muatan listrik dalam sel, dan SSD yang dibuat dari RAM dapat digunakan untuk kecepatan tinggi, ketika data bertahan setelah daya kehilangan tidak diperlukan, atau dapat menggunakan daya baterai untuk menyimpan data saat sumber dayanya yang biasa tidak tersedia.

    (LIN/WIKIPEDIA)

    Berita Terbaru

    spot_img