spot_img
Jumat 12 Agustus 2022
spot_img
More

    Balita Kena Hepatitis Akut dari Ibu yang Divaksin COVID-19?

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Seorang pria dalam sebuah video menyebut vaksin COVID-19 menyebabkan hepatitis akut pada anak hingga viral di media sosial.

    Pria itu mengatakan, anak usia dua tahun diduga terjangkit hepatitis akut misterius karena asupan air susu ibu (ASI).

    “Kemenkes tidak menghitung variabel yang mungkin terjadi pada anak usia dua tahun yang meninggal karena meminum air susu ibu (ASI), dari ibu yang sudah divaksin COVID-19 yang diduga karena terjangkit hepatitis akut,” kata dia dalam video tersebut.

    Namun, Lead Scientist Hanifah Oswari membantah adanya kaitan antara vaksinasi COVID-19 dengan penyakit hepatitis akut misterius, yang belum diketahui penyebabnya pada anak.

    BACA JUGA: Jokowi Cabut Peraturan Wajib Masker di Ruang Terbuka

    “Kejadian ini dihubungkan dengan vaksin COVID-19 itu tidak benar, karena kejadian saat ini tidak ada bukti bahwa itu berhubungan dengan vaksinasi COVID-19,” kata Hanifah dikutip laman resmi Kemenkes.

    Hanifah juga menyebut sampai saat ini belum ada bukti yang menunjukkan adanya kaitan penyakit hepatitis akut misterius dengan COVID-19, melainkan adanya kejadian yang koinsiden (bersamaan).

    Sementara itu, Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, klaim vaksin COVID-19 dapat diturunkan melalui ASI juga salah.

    “Sampai saat ini vaksin COVID-19 tidak diturunkan melalui ASI,” kata Nadia, seperti dilansir IDN.

    Senada, Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Riris Andomo Ahmad, menambahkan hepatitis akut misterius yang belum diketahui penyebabnya tidak berhubungan dengan vaksin COVID-19.

    “Perlu kita pahami dan juga kita sebarkan kepada masyarakat bahwa hepatitis yang masih tidak diketahui penyebabnya ini, bisa dikatakan tidak berhubungan dengan adanya vaksin COVID-19,” ujar Riris.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img
    spot_img