spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Bersihkan Sungai, Green Foundation Ingin Mengedukasi Masyaraka

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Green Foundation berkolaborasi dengan Satgas Citarum, marketplace bedak kecantikan dan mahasiswa Teknik Sipil ITB melakukan bersih-bersih Sungai Cikapundung, Sabtu, (19/3/2022)

    Executive Director Green Foundation Vanessa Letizia mengatakan bahwa permasalahan kebersihan sungai cukup pelik, terlebih kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai masih minim.

    “Mudah-mudahan kegiatan bersih-bersih sungai ini bisa meningkatkan kepedulian dan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai,” kata Vanessa di Cikapundung Resort, Jalan Asia Afrika Kota Bandung Jabar.

    sungai
    Dansub Sektor 12 Citarum Harum Ade Sukmana Arifin sebut kendala kebersihan sungai adalah budaya buang sampah sembarangan (Yusuf)

    Menurut dia, bersih-bersih sungai tidak bisa hanya dilakukan sendiri-sendiri, harus ada kolaborasi dengan yang lainnya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan sungai.

    BACA JUGA: Sungai Citarum Masuk Level Cemar Ringan,2025 Bisa Diminum

    Vanessa berharap, kegiatan bersih-bersih Sungai Cikapundung bisa disambut positif oleh masyarakat dan bisa diimplementasikan di lingkungan terdekat.

    “Mudah-mudahan ini bisa menjadi awalan, jadi pemantik, tapi nantinya kita bisa mendorong lagi kepada masyarakat secara luas. Mininal bertanggungjawab pada sampah yang dihasilkan,” kata dia.

    Sementara itu, Dansub Sektor 12 Citarum Harum Ade Sukmana Arifin mengatakan, kendala yang sering ditemui saat pembersihan sungai adalah kebiasaan masyarakat membuang sampai sembarangan.

    Pihaknya mengapresiasi Green Foundation yang sudah berinisiatif melakukan bersih bersih sungai Cikapundung. Pihaknya berharap program ini bisa mengedukasi masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.

    “Kegiatan seperti ini bagus untuk menanggulangi kebiasaan warga membuang sampah sembarangan serta menjaga sungai agar tetap bersih. Sebab sungai ini sumber kehidupan kita,” kata Ade.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img