spot_img
Kamis 22 Februari 2024
spot_img
More

    Hindari Lapar Palsu yang Membahayakan Tubuhmu

    FOKUSJabar.id: Adakalanya seseorang itu selalu merasa lapar palsu padahal asupan gizinya telah cukup. Jadwal makannya pun tak pernah terlewat dari jamnya.

    Maka ketika hal tersebut terjadi sebenarnya anda sedang mengalami ‘lapar palsu’. Peristiwa ini sering dialami banyak orang dan dianggap sebagai hal yang biasa. Padahal jika anda mengabaikan-nya, anda bisa mengalami kegemukan dan penyakit kronis semacam kolesterol dan serangan jantung.

    Jadi mulai sekarang ketika anda sering merasa lapar. Anda harus dapat membedakan saat tubuh anda benar-benar lapar membutuhkan makanan dengan rasa lapar keinginan sesaat atau lapar palsu. Jangan sampai anda selalu mengikuti keinginan tersebut.

    BACA JUGA: Menjaga Kesehatan Lahir Batin, Lakukan Prilaku Ini

    NahAnda harus tahu, Lapar palsu itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi emosional, atau kurang tidur. Anda tentu harus lebih waspada terhadap kondisi kesehatan anda. karena bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda buruk yang terjadi didalam tubuh, sehingga otak selalu mengirim sinyal lapar palsu.

    Dilansir dari beberapa sumber. Terkait beberapa hal untuk menghindari lapar palsu, sebagai berikut:

    Sertakan protein makanan

    Memakan, makanan yang mengandung protein dan dengan sedikit lemak dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Karena protein akan lebih lama bertahan dalam perut. Contohnya makanan yang mengandung protein dengan sedikit lemak adalah kacang, susu rendah lemak, kedelai, ikan, dan ayam.

    Makanan yang penuh dengan air

    Makanan yang penuh dengan air dapat memberikan volume lebih banyak pada porsi makanan anda, sehingga makanan tersebut akan lebih memuaskan. Peningkatan volume pada makanan Anda akan membantu memenuhi perut Anda, dan akan membuat anda merasa kenyang. Contohnya makanan yang penuh dengan air, seperti memberikan kuah pada makanan Anda.

    Hindari salah pilih menu makan prasmanan

    Ketika Anda sedang prasmanan, anda dihadapkan dengan banyak pilihan menu makanan, disana pasti anda cenderung untuk makan lebih banyak, dan kurang kontrol dalam pilihan menunya. Nah mulai sekarang yang harus Anda lakukan adalah membatasi menu makanan yang diambil dan pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi.

    Banyak Minum air putih

    Tubuh kita itu sangat memerlukan asupan air yang cukup. Ketika tubuh kita kurang kemasukan air minum, maka tubuh akan mengirimkan sinyal-sinyal dehidrasi semacam rasa lapar. Ketika hal itu terjadi akhirnya anda merasakan lapar yang sifatnya sementara itu, sehingga bukannya menambah asupan air malah mengkonsumsi camilan yang akhirnya  menambah lemak dalam tubuh.

    BACA JUGA: 5 Tumbuhan Liar Ini Ternyata Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

     Makan secara Perlahan atau jangan terburu-buru

    Segala sesuatu yang dilakukan tergesa-gesa memang memang akan berdampak tidak baik. Usahakan, walaupun sedang sedang dikejar-kejar waktu, jangan sampai makannya terburu-buru. Makanlah dengan santai dan nikmati makanannya.

     (Diana yusuf/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img