spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    5 Tumbuhan Liar Ini Ternyata Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Banyak sekali tumbuhan liar di sekitar kita yang sering kita temui, nah ternyata diantaranya ada beberapa tumbuhan liar yang berkhasiat, dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

    Walaupun kadang kala tumbuhan ini hanya dianggap sebagai tumbuhan pengganggu. Tetapi tidak semua tanaman liar yang hanya bisa menjadi pengganggu saja, karena ada juga beberapa tanaman liar yang khasiatnya  baik untuk kesehatan, dan bahkan sudah tidak diragukan lagi.

    Indonesia ini merupakan  negara tropis yang memiliki berbagai macam tanaman yang tumbuh dengan baik di dalamnya. Bahkan tanaman-tanaman tersebut dapat tumbuh ditanah indonesia dengan liar dimana saja.

    BACA JUGA: Ade Rai Beberkan Tips Kesehatan Di Masa Pandemi

    Melansir dari beberapa sumber, Berikut ini beberapa jenis tumbuhan liar yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, silahkan simak penjelasannya:

    Daun Krokot

    tumbuhan liar

    Daun krokot ini ternyata bukan hanya tumbuhan liar yang tidak memiliki manfaat apa-apa. Namun ternyata tumbuhan ini  bisa menjadi obat alami untuk diabetes melitus.Daun krokot sendiri mengandung tanin, saponin, serta vitamin A,B, dan C.

    Tumbuhan krokot ini merupakan salah satu tanaman yang biasa tumbuh dengan liar dimana saja, dengan memiliki bentuk daun bulat telur dan ujung pangkal yang tumpul.

    Rumput Teki

    tumbuhan liar

    Rumput teki ini banyak tumbuh di lahan persawahan, ladang, bahkan di halaman rumah, bahkan dekat tepi jalan. Bagian umbi dari tumbuhan inilah yang bisa anda manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi gangguan saluran pencernaan, mengobati luka memar, sirkulasi menstruasi, penyakit kulit, demam dan juga bisa dijadikan sebagai anti nyamuk.

    Meniran

    tumbuhan liar

    Meski disebut tumbuhan liar, namun ternyata tanaman ini sudah sangat populer dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Meniran ini memiliki manfaat dalam mengatasi batu ginjal, peradangan, bahkan bisa mencegah cegah virus. Tanaman ini juga kadangkala digunakan untuk mengatasi malaria, penyakit hati hingga sakit kuning.

    Antanan

    Tumbuhan liar

    Antanan ini merupakan tanaman yang banyak tumbuh di area persawahan,dan kebun. Sudah banyak orang, khususnya para petani yang memanfaatkan tumbuhan ini sejak dahulu sebagai obat kulit, memperlancar peredaran darah, meningkatkan daya ingat, menurunkan demam, dan juga sebagai anti peradangan.

    BACA JUGA: Manfaat, Dosis dan Cara Menggunakan Meprothion

    Alang-alang

    tumbuhan liar

    Tumbuhan liar ini memiliki daya tahan yang kuat terhadap cuaca. Tumbuhan ini banyak tumbuh dimana-mana. Alang-alang ini dianggap sebagai tumbuhan pengganggu atau gulma  bagi para petani. Akan tetapi  ternyata akar tumbuhan ini, memiliki khasiat yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit darah tinggi, sakit kepala, dan juga ginjal.

    (Diana Yusuf/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img