spot_img
Sabtu 4 Mei 2024
spot_img
More

    Abah Goib Pejuang Lingkungan Selamatkan Sungai Citanduy

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Sosok relawan bernama Johan atau yang sering disapa Abah Goib mungkin sudah tak asing lagi bagi warga Kota Banjar, Jawa Barat.

    Pasalnya, perjuangan seorang warga di wilayah yang terbelah Sungai Citanduy itu banyak dikagumi masyarakat karena memiliki jiwa sosial tinggi.

    Pria berusia 45 tahun ini selalu hadir membawa motivasi, khusunya bagi kalangan pemuda di Kota Banjar.

    Dia merupakan relawan dan anggota Karang Taruna Kota Banjar yang memiliki jiwa sosial ingin membangun tanah kelahirannya.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Sampaikan 3 Calon Daerah Otonomi Baru

    “Awalnya, saya berangkat dari rasa kepedulain terhadap lingkungan, karena di lingkungan saya ini masyarakatnya membuang sampah ke sungai,” kata dia kepada wartawan. Jum’at (11/2/2022).

    Abah Goib menceritakan masyarakat di lingkungan rumahnya itu dulu hampir tak sedikit yang mengabaikan kondisi lingkungan, salah satunya Sungai Ciroas.

    “Dulu warga disini tuh membuang sampah ke Sungai Ciroas padahal aliran sungai itu langsung ke Sungai Citanduy, nah dari situ saya mulai terjun di dunia sosial,” katanya.

    Dengan motivasi tinggi dirinya berhasil merangkul para pemuda untuk bergotong-royong membersihkan Sungai tersebut.

    Alih-alih kondisi Sungai itu saat ini terlihat bersih dan estetik dengan adanya gambar-gambar yang menghiasi dinding tebing Sungai Ciroas.

    Tak hanya itu, nama Abah Goib yang menjadi perbincangan waktu itu kian menjadi daya tarik anak muda untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi lingkungannya.

    Hingga akhirnya, Ayah dari dua anak ini memutuskan untuk bergabung mejadi relawan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar supaya bisa lebih luas dan banyak mengajak pemuda di setiap wilayah yang ada di daerah selatan Jawa Barat ini.

    BACA JUGA: Ganjil Genap di Kota Bandung 20 Mobil Diputar Balikan

    “Saya juga ingin bermanfaat banyak untuk Kota tercinta ini Banjar Patroman, apalagi dimasa pandemi covid-19 ini yang mana saya ikut turun membantu agar masyarakat terhindar dari penyebaran virus berbahaya ini,” kata dia.

    Setelah setahun lebih bergabung, nama Abah Goib semakin dikagumi masyarakat Banjar lantaran sosoknya dikenal tak pernah menyerah, dan bertanggung jawab dalam membantu warga.

    Kendati demikian, sosok relawan bernama Johan ini dilirik oleh organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis, Banjar, dan Pangandaran yang memiliki program Anugrah Bhakti PWI.

    Dia menjadi salah satu pemenang kategori orang yang berperan aktif membantu Pemerintah dalam pembangunan serta pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 di Kota Banjar.

    Penghargaan tersebut akan diberikan oleh PWI pada 24 Februari 2022 bersama dua orang warga Banjar lainnya yang diniliai memiliki peran yang sama seperti Johan atau Abah Goib.

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img