spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    TNI Asal Papua Takut Dibenci Warga Ciamis

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sebanyak 100 lebih TNI asal Papua ditugaskan di Kodim 0613 Ciamis untuk mendalami ilmu Bintara Pembinas Desa (Babinsa). Hal tersebut disampaikan Batitud Septian Ari Nugroho koramil 1308 kecamatan Cipaku, Rabu (2/2/2022).

    Di wilayah Kodim 0613 sendiri terdapat 25 Koramil yang mencakup 3 wilayah, yakni Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Pangandaran.

    Untuk wilayah Koramil Cipaku sendiri ditugaskan dua orang TNI asal Papua. Mereka akan mempelajari ilmu krbabinsaan untuk diaplikasikan di wilayah teritorinya ketika pulang ke Papua nanti.

    “Mereka ditugaskan untuk mempelajari kondisi sosial di wilayah Jawa Barat. Kemudian bagaimana langkah-langkah Pendekatan dengan masyarakat mengenai perlawanan wilayah. Meliputi pelatihan limnas, sosialisasi, sosialisasi wawasan kebangsaan dan Pemahaman bela negara ke sekolah-sekolah,” katanya.

    BACA JUGA: BPOM Izinkan Vaksin Sinopharm Sebagai Booster

    Sementara itu, TNI asal Papua yang ditugaskan di Wilayah Ciamis Serda Rafael N. Mammbor mengaku sangat menikmati masa penugasan di wilayah tatar Sunda Jawa Barat. Banyak hal yang dapat dipelajari dari kondisi budaya, sosial masyarakat dan kondisi kearifan lokal alamnya.

    “Awalnya, ketika saya ditugaskan di wilayah Jawa Barat ini saya takut dibenci karena saya dari Papua. Namun ketika tiba kemudian berbaur dengan masyarakat ternyata semuanya sangat baik dan santun kepada saya,” katanya.

    Rafael menjelaskan, selama penugasan di wilayah Sunda ini banyak hal yang dapat dipelajari. Dari mulai cara bersosialisasi dan cara masyarakat memperlakukan alam sekitar.

    “Di tempat saya, di Provinsi Papua Barat Kabupaten Teluk Wondama sering sekali banjir karena hujan deras. Saya ingin belajar dari masyarakat sini bagaimana menanggulangi bencana,” katanya.

    BACA JUGA: Pangandaran Diguncang Gempa Magnitudo

    Rafael ditemui ketika melakukan sparing sepakbola antara TNI dan masyarakat di Lapang Desa Cieurih Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Para TNI asal Papua berbaur dengan masyarakat setempat.

    (Irfansyah Riza/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img