Paus Fransiskus Minta Orang Tua Dukung Anaknya yang Gay

0
72
paus fransiskus
Ilustrasi. (web)

VATIKAN,FOKUSJabar.id: Paus Fransiskus mengatakan, orang tua harus mendukung anak-anaknya yang mengaku sebagai gay, bukan malah melarang atau mengutuknya, Rabu (26/1/2022).

Pernyataan itu disampaikan saat audiensi mingguan terkait kesulitan yang dihadapi orang tua dalam membesarkan anak.

Sejumlah isu yang diangkat yakni seputar orientasi seksual yang berbeda pada setiap anak dan bagaimana menanganinya.

BACA JUGA: Paus Fransiskus: Waktu Umat Manusia untuk Bumi Hampir Habis!

Paus juga sempat mengatakan, bahwa gay memiliki hak untuk diterima oleh keluarganya sebagai anak dan saudara.

Menurutnya, meskipun gereja tidak menerima pernikahan sesama jenis, gereja dapat mendukung undang-undang serikat sipil yang bertujuan memberikan hak bersama bagi pasangan gay di bidang pensiun, perawatan kesehatan, serta masalah warisan.

Melanis IDN, Kaum konservatif di gereja dengan lebih dari 1,3 milliar anggota mengatakan, Paus memberikan pandangan yang berbeda-beda terkait kaum gay ini. Hal itu kemudian membingungkan beberapa umat Katolik.

Di beberapa negara, seperti Amerika Serikat (AS) dan Jerman, paroki dan menteri telah mulai memberkati sesama jenis sebagai pengganti pernikahan.

Bulan lalu, departemen Vatikan meminta maaf karena membuat sakit hati kaum LGBTQ+.

Mereka menghapus dari situs webnya tautan ke materi dari kelompok advokasi hak-hak gay Katolik dalam persiapan untuk pertemuan Vatikan pada 2023 tentang arah masa depan Gereja.

Tautannya mengarah pada webinar dari New Ways Ministry, sebuah kelompok yang berbasis di AS yang melayani umat Katolik LGBTQ yang merasa dikucilkan atau dipinggirkan oleh Gereja.

Gereja mengajarkan bahwa kaum gay harus diperlakukan dengan hormat, meskipun tindakan menyukai sesama jenis dinilai sebagai dosa.

Di bawah doktrin Katolik saat ini, hubungan gay disebut sebagai perilaku menyimpang.

(Agung)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini