spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Ini Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kopi selain memiliki rasa yang unik dan nikmat, ternyata memilki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

    Kopi merupakan minuman stimulan yang memiliki kandungan kafein. Di dalam kandungan tersebut dapat memiliki khasiat untuk meningkatkan energi pada tubuh, fungsi otak, dan suasana hati.

    Walaupun bila dinikmati setiap hari dapat mengganggu pencernaan. Namun bila disajikan sesuai dengan kebutuhan, dapat menjadi manfaat yang baik bila dikonsumsi.

    Berikut beberapa manfaat kopi bagi kesehatan.

    1. Menjaga Kesehatan jantung

    Sejumlah penelitian mencatat meminum empat cangkir kopi atau lebih per-hari dipercaya dapat menurunkan 20% risiko stroke dibandingkan dengan orang yang tidak minumnya sama sekali.

    BACA JUGA: Pengidap Asam Lambung Jangan Minum Kopi, Mitos atau Fakta?

    Current Cardiology Reports merilis jurnal bahwa minum kopi secara rutin dalam dosis sedang tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan kardiovaskular.

    2. Menjaga berat badan

    Manfaat lain yang dapat Anda ambil dari konsumsi kopi adalah mempertahankan berat badan ideal. Bahkan, mungkin membantu menurunkannya.

    Studi yang digagas European Journal of Clinical Nutrition mengamati perbandingan frekuensi peminum kopi antara individu yang ingin menurunkan berat badan dengan yang tidak.

    Hasilnya, mereka yang ingin menurunkan berat badan dilaporkan minum lebih banyak kopi dan minuman berkafein daripada mereka yang tidak.

    Jadi, konsumsi minuman berkafein mungkin dapat mendukung pemeliharaan atau usaha penurunan berat badan seseorang.

    3. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

    Selain menurunkan berat badan, kopi juga disebut memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2.

    Mayo Clinic menyatakan bahwa terdapat beberapa studi yang membuktikan bahwa mengkonsumsinya, baik yang mengandung kafein atau tidak, mungkin dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

    Namun, jika Anda sudah mengidap diabetes, kafein pada kopi berisiko memengaruhi kadar gula darah, entah menjadi lebih tinggi atau lebih rendah.

    Oleh karena itu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter Anda jika ingin minumnya tetapi Anda memiliki diabetes tipe 2.

    4. Menjaga kesehatan otak

    Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki banyak efek positif pada otak, seperti meningkatkan kewaspadaan, membantu konsentrasi, meningkatkan suasana hati, dan mengurangi risiko depresi.

    Selain itu, jurnal Practical Neurology menyebutkan bahwa konsumsinya dapat mencegah penurunan fungsi kognitif otak, penyakit Parkinson, dan penyakit Alzheimer.

    Artinya, asupan kopi dan kafein setiap hari aman untuk dimasukkan ke dalam diet yang seimbang dan sehat.

    Bahkan, asupannya juga tidak perlu dihentikan pada orang lanjut usia (lansia).

    5. Menjaga kesehatan organ hati

    Manfaat kopi selanjutnya berkaitan dengan kesehatan organ hati. Journal of Clinical Gastroenterology menyebutkan bahwa berpotensi mengurangi jumlah lemak pada hati.

    Studi pada hewan yang disebutkan dalam jurnal itu menunjukkan bahwa kandungan kimia yang dapat membantu proses detoksifikasi sel kanker pada hati.

    Namun, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk membuktikan seberapa efektifnya dapat membantu mengobati penyakit hati kronis.

    6. Mengurangi risiko kanker

    Seperti yang telah disebutkan di atas, kopi mungkin bermanfaat dalam menurunkan risiko kanker pada organ hati.

    Harvard School of Public Health juga menyebutkan dapat memengaruhi perkembangan kanker, mulai dari permulaan sel kanker hingga kematiannya.

    Kandungan kafeinnya disebut dapat mengganggu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

    American Cancer Society menyebutkan terdapat beberapa penelitian yang membuktikan bahwa kopi mungkin dapat menurunkan beberapa jenis kanker, termasuk:

    • kanker prostat
    • kanker hati
    • kanker endometrium, dan beberapa kanker mulut dan tenggorokan.
    • Mengurangi risiko batu empedu

    Ada berbagai manfaat kafein dalam kopi yang disebut-sebut dapat mencegah pembentukan batu empedu.

    Ini karena kandungannya mampu mencegah pembentukan kolesterol yang menyebabkan pembentukan kristal atau batu di kantung empedu.

    Kandungan tersebut dapat merangsang kontraksi di kantung dan meningkatkan aliran empedu, sehingga kolesterol tidak menumpuk di sana.

    Tips aman minum Kopi

    Satu cangkir kopi seduh umumnya mengandung sekitar 95 mg kafein. Minum yang masih dianggap wajar adalah 3-5 cangkir atau rata-rata 400 mg kafein per hari.

    Meski begitu, dosisnya mungkin berbeda untuk setiap orang. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain.

    Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi:

    Tentukan berapa banyak takaran yang anda konsumsi dan bagaimana efeknya pada pola suasana hati dan pola tidur Anda.

    Simpanlah kopi di tempat yang sejuk dan kering, jauhkan dari panas dan kelembapan. Gejala putus obat biasanya terjadi untuk periode yang panjang.

    Kopi tidak selalu aman untuk dikonsumsi untuk semua orang. Jadi, sebaiknya diskusikan dengan dokter agar tahu dosis yang tepat untuk Anda.

    (YasminTel-U/Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img