spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Ini Cara PDI-P Tasikmalaya Merawat Alam

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: DPC PDI Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) menanam ribuan pohon di Jalan Baru Cisinga (Ciawi-Singaparna) sepanjang 1,5 km. Tepatnya di Kampung Cigorowok Desa Sukasetia, Kecamatan  Cisayong, Minggu (23/1/2022).

    Kegiatan dengan mengusung tema gerakan menanam pohon merawat bumi pertiwi itu, dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 PDI-P.

    Selain menanam ribuan pohon, partai berlambang kepala banteng moncong putih ini juga membagikan 500 paket sembako kepada warga setempat di depan Kantor Desa Sukasetia.

    BACA JUGA: Nyi Roro Kidul Anak Raja Padjajaran?

    Sekretaris DPC PDI-P Kabupaten Tasikmalaya, Aef Syaripudin mengatakan, penanaman pohon dilaksanakan serentak di seluruh kota dan kabupaten di Indonesia, sejalan dengan instruksi Ketua DPP PDI Perjuangan nomor 3715/IN/DPP/I/2022 tertanggal 17 Januari 2022.

    “Alhamdulilah hari ini kami bersama pengurus PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya dan  kecamatan serta dibantu Pemerintah Desa Sukasetia juga warga setempat, dapat melaksanakan penanaman 1.000 pohon berbagai jenis. Terutama pohon keras penyerap air seperti kayu Damar, Akasia, maupun pohon penghasil buah-buahan seperti cengkeh,” kata Aef

    Selain dalam rangka menyemarakan Peringatan HUT ke-49 PDI-P, kegiatan penanaman pohon ini juga sebagai bagian dari agenda partai untuk menjaga serta memelihara alam dan lingkungan, demi keberlangsungan hidup manusia dan mahluk hidup lainnya.

    BACA JUGA: Duh! Ayah Tiri di Banjar Aniaya Balita

    Aef menambahkan, pohon berperan besar dalam menjaga kesimbangan ekosistem di bumi dengan manfaat utama sebagai penghasil oksigen, penyimpan karbon, penghasil kayu sebagai bahan bangunan dan segudang manfaat lainnya untuk kehidupan manusia termasuk juga untuk binatang.

    “Apalagi berkaitan dengan air tanah, akar pohon kan sudah jelas berfungsi menahan laju air hujan yang jatuh ke permukaan tanah, yang kemudian disimpan dan menjadi cadangan air untuk menghadapi musim kemarau,” ujar Aef Syarifudin.

    Akar pohon lanjut Aef, juga mampu mengikat butir-butir tanah sehingga dapat mencegah terjadinya erosi dan tanah longsor.

    Atas nama Ketua DPC PDI-P Kabupaten Tasikmalaya, Ade Sugianto yang juga Bupati Tasikmalaya, mengajak seluruh kader PDI Perjuangan termasuk seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tasikmalaya, untuk bersama-sama dan bahu membahu menjaga serta memelihara kelestarian alam, salah satunya dengan menanam pohon dan memeliharanya agar tidak rusak.

    “Hari ini kita menanam, kelak anak cucu kita yang akan menikmati sejuta manfaat dari apa yang kita tanam hari ini,” ucap Aef.

    Dia menambahkan, bersamaan dengan kegiatan penanaman pohon, pada tanggal yang sama pula, yaitu 23 Januari ini merupakan ulang tahun Ketua Umun PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarno Putri ke-75.

    “Kami disini turut mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-75 sekaligus mendoakannya, semoga Allah SWT senantiasa memberi kesehatan serta menjadikan beliau ini tetap sebagai pigur pemersatu seluruh kader partai dan juga bangsa Indonesia,” ucapnya.

    Gerakan penanaman pohon
    Ratusan warga Desa Sukasetia Kecamatan Cisayong, bersama PDI-P Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan gerakan penanaman pohon di Jalan Baru Ciawi-Singaparna (Cisinga)

    Kepala Desa Sukasetia, Tatang Saputra mengatakan, dengan adanya bantuan seribu pohon dari PDI-P, warga diharapkan tidak hanya sekedar semangat saat menanam, tetapi yang paling penting adalah merawat atau memeliharanya agar kemudian pohon-pohon itu tidak rusak atau sengaja dirusak.

    “Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena selain dibantu penyediaan bibit pohon keras, juga mengedukasi warga kami tentang pentingnya merawat alam dan menjaga lingkungan,” kata Tatang.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img