spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Dibuka Kembali, Perpustakaan Ciamis Punya Fasilitas Baru

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Usai ditutup hampir 2 tahun akibat pandemi Covid-19, kini Perpustakaan Ciamis bisa kembali dikunjungi para pelajar, mahasiswa, hingga semua kalangan masyarakat Ciamis. Dinas Perpustakaan Ciamis pun telah menyiapkan fasilitas baru di Perpustakaan Ciami.

    Fasilitas baru yang disiapkan yakni Taman Tematik miniatur tempat atau bersejarah yang ada di Kabupaten Ciamis. Fasilitas ini merupakan sebuah diorama dari beberapa lokasi yang cukup terkenal di Kabupaten Ciamis sebagai sarana edukasi.

    Sebelumnya, Perpustakaan Ciamis memiliki ruang bioskop 3D, taman membaca dengan tema luar angkasa dan taman bermain anak. Semua fasilitas disiapkan untuk meningkatkan kunjungan dan minat baca anak.

    Ada 4 lokasi yang dijadikan miniatur dengan ukuran cukup besar. Yakni Obyek Situs Astana Gede Kawali, Obyek Budaya Ciung Wanara Karangkamulyan, Situ Lengkong Panjalu dan Pusat perkotaan Ciamis (Masjid Agung dan Alun-alun).

    BACA JUGA: Ketua DPRD Ciamis Minta SKPD Optimal Layani Masyarakat

    Taman tematik miniatur pun dibentuk sedemikian rupa hingga hampir menyerupai lokasi aslinya. Dari mulai pepohonan, obyek-obyek yang biasa dikunjungi, hingga kendaraan dan miniatur orang. Melalui fasilitas terbaru ini diharapkan bisa menggambarkan secara nyata beberapa tempat bersejarah di Kabupaten Ciamis ini.

    Fokusjabar.id Perpustakaan
    Taman Tematik 4 Objek Wisata Unggulan Kabupaten Ciamis. (Foto: Riza)

    Taman tematik sendiri baru selesai dibuat dan masih akan ada penambahan. Seperti audio dan keterangan bergambar di setiap lokasinya. Taman ini mulai diperlihatkan kepada pengunjung perpustakaan di awal tahun 2022 ini.

    “Taman tematik ini dibuat untuk bahan edukasi bagi masyarakat yang datang kesini. Perpustakaan kan tidak hanya membaca, tapi memberikan informasi. Seperti miniatur tempat bersejarah ini,” kata Sekretaris Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Ciamis Endang Sukirman, Jumat (21/1/2022).

    BACA JUGA: Jual Minyak Goreng di Atas Rp14 Ribu, Pemkot Banjar Beri Sanksi

    Taman tematik ini diharapkan memberikan pengetahuan kepada warga yang belum pernah sekalipun ke situs bersejarah di Ciamis.

    (Irfansyah Riza/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img