spot_img
Sabtu 15 Januari 2022
spot_img

6 Makanan Ini Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bagi pengidap diabetes, mengatur pola makan menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kadar gula darah mereka.

Mengenal dan mengetahui nutrisi serta kandungan yang ada di setiap makanan yang dikonsumsi para penderita diabetes haruslah terkontrol demi menjaga kesehatan mereka.

Berikut 6 makanan yang bisa menjaga kadar gula darah agar tetap terkontrol.

1. Makanan Laut

gula darah
(web)

Makanan laut atau sea food termasuk ikan dan kerang menawarkan sumber protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan berharga yang dapat membantu mengatur kadar gula darah.

BACA JUGA: 6 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Kekebalan Tubuh Meningkat

Selain sangat penting untuk mengontrol kadar gula darah, protein juga bisa membantu memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan serta meningkatkan perasaan kenyang. Maka dari itu protein efektif untuk membantu mencegah makan berlebihan.

2. Brokoli

gula darah
(web)

Brokoli mempunyai sulforaphane yang merupakan jenis isothiocyanate yang memiliki sifat penurun gula darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak brokoli yang kaya sulforaphane memiliki efek antidiabetes yang kuat, membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula serta penanda stres oksidatif.

3. Labu

gula darah
(Web)

Miliki kandungan serat dan antioksidan yang tinggi, labu adalah pilihan makanan yang baik untuk penderita penyakit diabetes. Selain itu, labu juga telah menjadi obat tradisional diabetes dibanyak negara, seperti Iran dan Meksiko.

Dilansir Healthline, labu kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida. Kandungan tersebut telah dipelajari potensinya dalam mengatur gula darah.

4. Roti gandum

gula darah
(web)

Roti gandum merupakan salah satu roti yang memiliki kandungan indeks glikemik dan kandungan karbohidrat lebih rendah dari pada roti lainnya.

Karena kandungan yang ada di dalamnya, roti gandum ini bisa membantu memperlambat pencernaan dan bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

5. Kacang-kacangan

(web)

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang kaya akan serat. Selain itu, kacang-kacangan juga mempunyai protein nabati tingkat tinggi, asam lemak tak jenuh, vitamin, flavonoid, magnesium, dan kalium.

Tetapi, jika anda ingin mendapatkan manfaatnya, maka pilihlah kacang-kacangan utuh yang belum banyak diolah, ya!

6. Beri

(web)

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah beri bisa membantu mengontrol kadar gula darah yang ada pada tubuh. Beri kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Jadi, beri adalah pilihan yang sangat baik untuk orang-orang dengan masalah manajemen.

(Agung)

Berita Terbaru

spot_img