spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Terinspirasi Ridwan Kamil, Zulkifli Hasan Pamer Pohon Jengkol

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memposting dalam akun instagramya @zul.hasan, memperlihatkan pohon jengkol, kemudian dalam postingannya tersebut Zulkifli Hasan mecolek Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

    Sambil menunjukan video pohon jengkolnya, Dia berseloroh apakah dirinya bisa menjadi eksportir jengkol ke Dubai pada Ridwan Kamil.

    “Kang emil @ridwankamil baru saja memberi kabar gembira bahwa ekspor Jengkol dan buah-buah tropis dimulai ke Dubai. Ternyata, saya sudah punya banyak pohon Jengkol di belakang SMA Kebangsaan Lampung. Apakah Saya juga bisa jadi eksportir Jengkol ?Doakan yaa. Hehe,” katanya.

    BACA JUGA: Ridwan Kamil Minta DPR RUU PKS Segera Disahkan

    Kemudian dia juga mengapresiasi ekspor jengkol oleh Jawa Barat ke Dubai, Menurutnya dibukanya komoditas ini menunjukan adanya peluang bisnis ke depan.

    “Terutama memperkenalkan jengkol ke luar negeri. Mari Menduniakan Jengkol dan Menjengkolkan Dunia,” katanya.

    Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan pelepasan ekspor komoditas jengkol, buah-buahan dan busana muslimp hasil produk pesantren ke Uni Emirat Arab (UEA) di Gedung Sate, Bandung, Senin (14/12/2021).

    Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pelepasan ekspor ke Dubai ini merupakan buah dari lawatan luar negerinya ke UEA pada November lalu. Hasilnya, ada kesepakatan dagang antara pesantren peserta One Pesantren One Product (OPOP) untuk melakukan ekspor, termasuk komoditas jengkol di dalamnya.

    BACA JUGA: Zulkifli Hasan Pompa Semangat Agar Kader PAN Menangkan Pilkada Serentak

    “Semangat menjengkolkan, kita ekspor ke Dubai hasil lobi. Akhirnya ada salad, manggis, rambutan dan mulai disukai jengkol. Di luar itu ada fashion,” katanya.

    Menurutnya ekspor ini menandakan program OPOP yang merupakan program unggulan pihaknya mulai menunjukan keberhasilan. Diam-diam, produk OPOP menurutnya sudah terjual tak hanya di lingkungan kabupaten/kota namun kini sudah merambah ke luar negeri.

    “Mudah-mudahan ini bisa menjadi pintu pembuka,” ujarnya.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img