spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Pangdam III Siliwangi Siap Pulihkan Kembali Pasca Banjir Bandang Garut

    GARUT,FOKUSJabar.id: Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto, meninjau langsung dampak banjir bandang yang melanda dua Kecamatan yaitu Kecamatan Sukawening dan Kecamatan Karangtengah di Kabupaten Garut Jawa Barat Rabu (1/12/2021).

    Turut Hadir Danrem 062/TN, Asintel, Asops dan Aspers Kasdam III Siliwangi Danpomdam, Kakesdam, Kapendam III Siliwangi Dandim 0611 Garut, Waaslog dan Pabandya Bakti Sterdam III Siliwangi. Bupati beserta Unsur Forkopimda Kabupaten Garut, Camat beserta Unsur Muspika Sukawening Kabupaten Garut serta Kepala Desa Sukamukti Garut.

    Mayjen TNI Agus Subiyanto mengatakan, TNI siap memulihkan kembali sarana dan prasana yang rusak, baik sarana umum maupun rumah dan harta benda penduduk yang terdampak dari musibah banjir bandang tersebut.

    BACA JUGA: Coletot, Kuliner Fusion Khas Jabar-Yogyakarta

    “Untuk barang-barang yang masih bisa digunakan akan dibersihkan TNI/Polri dan semua stakeholder terkait dalam memulihkan kondisi pasca banjir bandang ini. Namun, bagi yang rusak parah nanti ada bantuan sebesar Rp. 50 juta rupiah dari pemerintah,” katanya.

    Dia mengatakan bahwa, Kodam III Siliwangi telah mendirikan dan mengoperasikan dapur lapangan di tempat-tempat pengungsian. Selain itu, kata dia, agar warga masyarakat yang terdampak pasca banjir bandang bisa tetap sehat, dalam tahap rehabilitasi akan dimulai melaksanakan pembangunan dan pemasangan pipa air dari mata air menuju ke rumah-rumah warga, sehingga masyarakat dapat menggunakan sebagaimana mestinya.

    Menurutnya, dalam menghadapi musim hujan ini tidak sedikit permasalahan yang ditimbulkan, sehingga masyarakat pun harus mengerti dari mana timbulnya banjir.

    Oleh karna itu, pihaknya meminta perumahan yang sudah dibangun, ditanami tanaman. Sehingga apabila turun hujan, air hujan akan terserap.

    “Sedangkan yang terjadi saat ini, air langsung mengalir ke sungai, semula sungai yang tadinya cukup untuk menampung, sekarang air itu mengalir melebihi kapasitas berakibatkan banjir,” kata dia.

    Dalam kunjungan tersebut, Mayjen TNI Agus Subiyanto, memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir sebanyak 500 paket sembako, diserahkan secara simbolis dan diperuntukkan warga yang berada di dua pengungsian yaitu di Kecamatan Sukawening dan Kecamatan Karangtengah.

    BACA JUGA: Bawa 1000 Dosis Vaksin COVID-19, Pangdam III/Siliwangi Masuk ke Pelosok

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img