spot_img
Jumat 26 November 2021
spot_img
spot_img

Usul Bintang Empat untuk Firli Bahuri Tuai Kritik Purnawirawan TNI AD

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Usulan pemberian bintang empat bagi Ketua KPK Firli Bahuri menuai kritik. Salah satunya datang dari Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) .

Ketua Umum PPAD Letjen TNI (Purn.) Kiki Syahnakri mengatakan, bintang empat hanya layak diberikan kepada pembina perwira TNI dan Polri, seperti Panglima TNI, para Kepala Staf Angkatan, dan Kapolri.

Anggota yang berada di bawahnya tidak boleh melebihi pangkat Panglima TNI, para Kepala Staf Angkatan, dan Kapolri.

BACA JUGA: Keroyok Polisi saat Demo, 22 Anggota Pemuda Pancasila Ditangkap

“Para perwira di bawahnya yang bertugas di dalam dan di luar struktur, paling tinggi cukup bintang 3 saja. Kepala BIN juga dulu dijabat pati (perwira tinggi) bintang 3, baru BG (Budi Gunawan) ini yang bintang 4,” kata Kiki, Kamis (25/11/21).

Kiki menyebut, bisa terjadi pergesekan kepangkatan karena antara bawahan dan pimpinan berpangkat sama.

“Agar pembinaan oleh Panglima TNI atau Kepala Staf Angkatan atau Kapolri bisa berjalan efektif. Kalau ada bawahan sama-sama bintang 4 dan senior, pembinanya bisa jadi sungkan,” kata mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Darat itu, seperti dilasnir IDN.

Saat ini, Firli Bahuri adalah seorang perwira tinggi (pati) Polri dengan pangkat Komisaris Jenderal. Sehingga, menilai jabatan Ketua KPK sudah selayaknya diduduki oleh perwira bintang 4 di kepolisian.

Sementara itu, Usulan pemberian bintang empat kepada Firli didukung oleh Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman, ia menilai Firli layak dapat promosi jadi bintang empat atau jenderal.

Selain itu, Boyamin juga menganggap ketua KPK itu sudah setingkat dengan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan, lantaran prestasinya sebagai Ketua KPK.

“Dalam pangkat tertinggi Polri adalah empat bintang, jadi mestinya Pak Firli layak dapat karena prestasinya jadi Ketua KPK,” kata Bonyamin.

BACA JUGA: Grafiti Kritik Firli Bahuri Muncul di Bandung, Bakal Dihapus Gak Ya?

(Agung)

Artikel Lainnya

spot_img
spot_img