spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    SatKamling Balokang Dinilai Tim Binmas Polda Jabar

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Tim penilai dari Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dir Binmas) Polda Jabar yang dipimpin Wakil Direktur (Wadir) Binmas Polda Jabar AKBP Mohammad Rois didampingi Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih melakukan penilaian di Sat Kamling RT 029 RW 10 Dusun Karang Pucung, Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

    Dalam kegiatan tersebut turut hadir Asda 1 Pemkot Kota Banjar, Kapolsek Banjar AKP Sudi Hartono, Kasat Binmas Polres Banjar IPTU M.Atang Efendi, Camat Banjar, Perwakilan Subdenpom Banjar, anggota polres Banjar, Bhabinkamtibmas, Babinsa Desa Balokang Kecamatan Banjar, Kepala Desa Balokang, tokoh agama, tokoh pemuda Desa Balokang Kecamatan Banjar, petugas Sat Kamling RT 029 RW 10 Dusun Karang Pucung, Desa Balokang, Kecamatan Banjar.

    Wadir Binmas Polda Jabar, AKBP M. Rois mengaku bersyukur bisa hadir di tengah-tengah muspika, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan warga untuk bersilaturahmi di Desa Balokang. Sat kamling adalah pam swakarsa yang menjadi suatu bagian penyelenggara fungsi kepolisian khusus di wilayah tertentu yang memiliki kewenangan kepolisian terbatas.

    “Tugas Satkamling adalah memelihara keamanan ketertiban masyarakat di wilayahnya dengan melaksanakan kegiatan turjawali serta legalitas penunjukan Satkamling dibuat dengan kesepakatan bersama warga setempat dan selanjutnya diberikan SK oleh kepala desa setempat,” kata AKBP M. Rois

    BACA JUGA: Penerapan PeduliLindungi di Taman Kota Bandung Tunggu Kemenkes

    fokusjabar.id satkamling balokang Polda Jabar
    Wadir Binmas Polda Jabar AKBP Mohammad Rois (kiri) menyerahkan penilaian lomba Satkamling. (FOTO: Agus)

    Hal senada diungkapkan Kapolres Banjar, AKBP Ardiyaningsih. Dia mengatakan perlombaan Sat Kamling dilaksanakan rutin setiap tahun oleh Dir Binmas Polda Jabar. Untuk tahun ini, Sat Kamling RT 029 RW 10 Dusun Karang Pucung, Desa Balokang menjadi perwakilan Polres Banjar.

    “Selain itu, sinergitas Bhabinkamtibmas dan Babinsa dapat memberikan pelatihan-pelatihan kepada Satkamling untuk menunjang tugas di lapangan. Satkamling diharapkan berperan aktif dalam menyikapi segala situasi sehingga kehadiran Satkamling dapat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Kapolres Banjar.

    Dalam kegiatan tersebut, disosialisasikan Perkap nomor 4 tahun 2020 tentang Satkamling dan simulasi pelaksanaan Simkamling di lokasi tersebut lengkap dengan para warga masyarakat.

    (Agus/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img