spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Majukan Ekonomi Desa, bank bjb Teken MoU dengan APDESI

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: bank bjb berkomitmen terus mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk masyarakat desa. Hal itu pun diwujudkan bank bjb dalam berbagai kolaborasi, salah satunya adalah kerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Jawa Barat.

    Kerja sama terbaru yang terjalin antara kedua belah pihak adalah pelaksanaan kegiatan bertajuk ‘Kolaborasi bank bjb dan APDESI dalam Memajukan Perekonomian Desa melalui Inklusi Keuangan’ di Hotel GH Universal Bandung, Senin (8/11/2021).

    Pada kesempatan itu bjb dan APDESI menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) di 19 kabupaten/kota di Jabar.

    Adapun ruang lingkup dari kerja sama tersebut, di antaranya pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan untuk pemerintah desa, pemberdayaan masyarakat desa dan pelaksanaan pelayanan publik melalui pelatihan pengelolaan bisnis, hingga implementasi layanan keagenan bank yang meliputi layanan funding, PPOB, keagenan bjb LakuPandai, dan atau layanan keuangan lainnya.

    BACA JUGA : bank bjb Gelar Business Matching Petani Milenial

    “bank bjb dan APDESI juga menyepakati kerja sama terkait pemanfaatan fasilitas Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) pemerintah desa. Termasuk pemberian fasilitas pinjaman atau lending kepada pemerintah desa, dan melakukan kolaborasi ATM co-branding dengan APDESI Jawa Barat untuk seluruh kepala desa,” kata Pemimpin Divisi Corporate Secretary (Corsec) bank bjb Widi Hartoto.

    Kartu ATM co-branding tersebut bisa memberikan layanan prioritas untuk kepala desa saat akan melakukan transaksi Dana Desa di jaringan kantor bank bjb. Nantinya, para kepala desa bisa mengajukan permohonan kartu ATM Co-Branding tersebut di jaringan Kantor Cabang bank bjb terdekat.

    Penandatangan kerja sama tersebut merupakan tindak lanjut dari Penandatanganan Nota Kesepahaman antara bank bjb denga APDESI pada 15 September 2021.

    Prioritas kerjasama yang dijalin adalah terkait pemanfaatan produk dan program yang khusus dibuat oleh bank bjb dalam rangka peningkatan inovasi layanan desa dan Bumdes.

    Widi berharap kerja sama ini bisa membantu masyarakat dan pemerintah desa setempat mengakses berbagai layanan keuangan.

    “Kami berharap ini bisa memudahkan pemerintah desa memberi pengelolaan layanan publik kepada masyarakatnya. Sehingga, geliat kemandirian ekonomi desa bisa terakselerasi,” kata Widi.

    Untuk diketahui, penandatanganan PKS dihadiri oleh Direktur Komersial dan UMKM bank bjb Nancy Adistyasari, Pemimpin Divisi Hubungan Kelembangaan bank bjb Isa Anwari, Kepala OJK Regional 2 Jawa Barat Indarto Budiwitono, Kepala DPMD Jawa Barat Dicky Saromi, Ketua Komisi 1 DPRD Jawa Barat Bedi Budiman, Sekjen APDESI Jawa Barat Asep Anwar Sadat, dan para perwakilan APDESI.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img