spot_img
Selasa 19 Oktober 2021
spot_img
spot_img

Mantap! AMBS Garut Dikunjungi Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir

GARUT,FOKUSJabar.id: Al Mashduqi Boarding School (AMBS) Garut merupakan Boarding School terbaik di Kabupaten Garut Jawa Barat (Jabar) karena mengimplementasikan Kurikulum Internasional yaitu Kurikulum Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir dalam pembelajarannya, kedatangan Syaikh Ahmad Umar Taj, Da’I utusan Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir di Indonesia, Jumat (8/10/2021) lalu.

Informasi yang terhimpun FOKUSJabar dari Kepala Departemen Pengasuhan AMBS Garut, KH. Muhammad Ikmal, Lc Al Hafidz, Syaikh Ahmad Umar Taj menginap di Guest Room dan memimpin (Imam) sholat Subuh berjamaah dengan seluruh Santri Murid.

ambs fokusjabar.id
Syaikh Ahmad Umar Taj, Mab’uts Da’i Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir pada acara Stadium General di AMBS Garut

Tak hanya itu, Syaikh Ahmad juga memberikan pembelajaran Tahsin Al-Qur’an kepada para Santri Murid  Al Mashduqi Boarding School Garut.

BACA JUGA: Santri Murid AMBS Garut Juara 3 KSM 2021 Tingkat Provinsi Jabar

“Alhamdulillah, Syaikh tiba di sini. Beliau bermalam di Guest Room dan menjadi Imam Sholat Subuh berjamaah dengan seluruh Santri Murid. Selanjutnya memberikan pembelajaan Tahsin Al Qur’an,” kata Muhammad Ikmal, Minggu (10/10/2021).

Menurut Dia, Syaikh Ahmad Umar Taj merupakan salah satu Syaikh yang ditugaskan Al Azhar Cairo Mesir sejak tahun 2019 untuk menjadi Mab’uts Da’i Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir di Indonesia.

ambs fokusjabar.id
Stadium General di AMBS Garut, tentang “Motivasi Menghafal Al Qur’an dan Penguasaan Bahasa Arab”

“Beliau alumni Universitas Al Azhar Mesir yang juga pemegang Sanad Qiro’atAl Qur’an dan menjadi Juara di beberapa event Musabaqoh Hifdzil Qur’an Internasional,” ungkapnya.

Dalam kesempatan kunjungan ke Al Mashduqi Boarding School, Syaikh Ahmad Umar Taj mengisi salah satu program unggulan (Pembelajaran Al Qur’an).

Senada disampaikan Kepala Departemen Peningkatan dan Pembangunan Mutu  Akademik AMBS Garut, Ustadz Muchtar Arifin, SS. Al Hafidz. Menurutnya, para Santri Murid sangat antusias mengikuti pembelajaran Al Qur’an bersama Syaikh.

Mulai dari pembelajaran Tahsin Al Qur’an, Hifdzil Al Qur’an serta Stadium General mengenai “Motivasi Menghafal Al Qur’an dan Penguasaan Bahasa Arab.”

Lanjut Muchtar Arifin, Syaikh Ahmad Umar Taj menyampaikan kepada seluruh Santri Murid tentang ”Pentingnya menuntut ilmu dengan serius.” Baik itu ilmu agama ataupun ilmu umum dan sebagai generasi muda muslim tentunya sejak dini mempunyai kewajiban mempelajari, membaca, menghafal serta jangan lupa mengamalkan isi Al Qur’an.

Artinya, tidak cukup hanya sampai menghafalnya, tetapi mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan juga karena Al Qur’an tersebut berbahasa Arab maka diperlukan sejak dini penguasaan Bahasa Arab yang baik. Tujuannya, antara lain untuk memahami isi dari Al Qur’an secara utuh.

Selanjutnya, dilakukan pengujian hafalan Al Qur’an dan kemampuan percakapan menggunakan Bahasa Arab serta pemberian Syahadah dari Syaikh Ahmad Umar Taj kepada para Santri Murid yang dinyatakan lulus.

“Pengujian hafalan dan kecakapan berbahasa Arab tersebut dipandu Kepala Departemen Pengemabngan Bahasa dan Kerjasama Antar-Lembaga  AMBS Garut, KH. Zayyan Hadyan, Lc. M.Ag,” imbuhnya.

ambs fokusjabar.id
Syaikh Ahmad Umar Taj

Kedatangan Mab’uts Da’i Al Azhar Asy Syarief Cairo Mesir ke AMBS Garut disport Paguyuban Alumni Al Azhar Mesir (PAAM) Jabar, sebuah organisasi yang menaungi seluruh alumni Universitas Al Azhar di Jawa Barat.

Ketua Umum PAAM Jawa Barat, KH. Yanyan Sofyan, Lc., didampingi jajarannya, KH. Yopi Nurdiyansyah, Lc., KH. Farid Muhammad Ramdani, Lc., M.Pd menyampaikan dukungannya. Betapa tidak, ini merupakan sebagai bagian ikhtiar kita dalam menginspirasi dan mendakwahkan washatiyyah Islam berlandaskan tradisi keislamanahlussunahwaljama’ah.”

“Kami sangat mendukung sekaligus dengan bangga memfasilitasi kunjungan Mab’uts Da’I Al Azhar Asy Syarief ke AMBS Garut,” singkatnya.

(Bambang Fouristian)

Artikel Lainnya

spot_img