spot_img
Sabtu 16 Oktober 2021
spot_img
spot_img

Ini Trik Agar Vespa Tetap Mengaspal dengan Damai

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Vespa, sepeda motor legendaris yang satu ini tak lekang oleh waktu, bahkan hingga saat ini tak surut dari penggemarnya.  Terbukti dari banyak ‘berseliwerannya’ sepeda motor inidi jalan raya, bahkan bengkel khusus Vespa sudah banyak, tak terkecuali jasa perawatannya.

Tahun 2016 lalu, PT. Piaggio Indonesia memperkenalkan  PX 150 yang didesain sebagai penyegaran dari Vespa PX 150 keluaran 1980.

Nah, bagi kalian para penggemar sepeda motor legend itu, harus juga siap dengan parawatan ekstra apik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan kepada sepeda motor kesayangan itu.

BACA JUGA: Vespa Harus Perhatikan 4 Hal ini

Masalah yang kerap dialami oleh para pengguna sepeda motor ini yaitu seputar busi, sering dijumpai pengendara yang memilih meminggirkan sepeda motornya karena busi sudah menghitam dan basah karena terkena banjiran oli.

Lalu hal apa saja yang harus dilakukan agar sepeda motor ini terus bisa mengaspal dalam kondisi yang baik. Berikut cara yang bisa dilakukan agar si-legend tetap prima:

Rutin cek kondisi busi

Nah para scooterist jangan sampai lupa untuk selalu mengecek kondisi busi ke bengkel, minimal dua minggu sekali. Jika busi berwarna merah bata itu menandakan bahwa busi masih layak digunakan. Segera ganti busi jika sudah berwarna hitam agar terhindar dari mogok, dan jangan menggunakan busi yang memiliki elektroda berwarna putih karena kondisi pembakaran yang lean atau kering.

Cek Karburator 

Karburator sendiri merupakan komponen penting, karena berperan sebagai penyampur bensin dan udara yang nantinya diasapkan ke ruang bakar. Campuran antara udara dan bensin tersebut harus seimbang sesuai dengan kebutuhan dari mesin sepeda motor Vespa.

Salah satu penyakit yang sering dijumpai seputar karburator yaitu dibagian piringan atau mangkok, main jet dan pilotnya yang kotor. Tapi hal tersebut wajar terjadi karena debu bekas proses filterisasi terbawa masuk ke karburator.

Jika tidak dibersihkan karburatornya atau jika karburator kotor biasanya motor Vespa jadi tidak bertenaga tidak enak untuk digeber.

Rajin rajin yaa scooterist cek kondisi karburatornya.

Cek kabel kopling

Sering terdengar juga keluhan dari para pengendara motor Vespa yang mengalami masalah kabel kopling yang putus.

BACA JUGA: Ridwan Kamil Berikan Bantuan Rp 100 Juta untuk Gereja di Yoboi Jayapura

Kabel kopling tersebut bisa putus karena motor jarang dirawat karena jarang dilakukan pengecekan terhadap Sling kopling. Biasanya kabel kopling putus dibagian stut.

Nah supaya kabel kopling awet tidak aus dan putus scooterist harus rajin lumasi Sling koping dan stut nya dengan menggunakan pelumas semprot.

Rutin membersihkan motor atau mencucinya

Banyak pengguna motor Vespa pastinya malas dengan hal yang satu ini, tapi memandikan motor Vespa ini sangat penting agar kondisi body Vespa yang terbuat dari besi tersebut tidak gampang kropos dan berkarat.

Nah maka dari itu scooterist janagn lupa yaa untuk memandikan motor kesayangannya minimal 2 Minggu sekali.

(Fauza/LIN)

Artikel Lainnya

spot_img