spot_img
Kamis 21 Oktober 2021
spot_img
spot_img

Vaksin Moderna Resmi di RI, Apa Saja Efek Sampingnya?

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Vaksin Moderna telah resmi digunakan dalam program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Namun, apa saja efek sampingnya?

Badan POM mennyatakan secara umum keamanan vaksin mRNA ini bisa ditoleransi, baik reaksi lokal maupun sistemik. Tingkat keparahannya berada di grade 1 dan 2.

Untuk reaksi yang timbul dari penggunaan vaksin ini seperti nyeri di tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi dan menggigil.

BACA JUGA: Ini Cara Daftar Vaksin Online lewat HP, Tak Perlu Antri!

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat juga mencatat beberapa efek samping dari penggunaan Moderna. Pada lengan bekas suntikan akan ada nyeri, kemerahan, dan bengkak.

Sementara untuk seluruh tubuh, penerima vaksin Moderna mungkin akan merasakan lelah, sakit kepala, nyeri otot, panas dingin, demam, dan mual.

CDC menuliskan efek samping akan terjadi dalam waktu sehari hingga dua hari setelah mendapatkan vaksin. Tanda-tanda itu normal karena tubuh sedang membangun perlindungan serta akan hilang dalam beberapa hari kemudian.

Vaksin Moderna telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari BPOM pada awal Juli lalu.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi penggunaan vaksin Moderna khususnya bagi ibu hamil dan masyarakat dengan komorbid.

“Kami mengimbau kepada pemerintah daerah untuk memberikan vaksin merek Moderna sebagai dosis ketiga hanya kepada nakes. Selain untuk nakes, vaksin Covid-19 Moderna juga diperuntukkan bagi publik, khususnya ibu hamil dan masyarakat yang memiliki komorbid, yang belum pernah mendapatkan vaksinasi sama sekali,” kata Siti Nadia, seperti dilansir CNBC.

BACA JUGA: Vaksin Moderna Diincar Pejabat dan Kalangan Atas, Ini kata Menkes

(Agung)

Artikel Lainnya

spot_img