spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Berikut Ini 4 Golongan Manusia Yang Haram Tersentuh Api Neraka

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah menyebutkan 4 golongan manusia yang haram tersentuh api neraka.

    Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah Ibn Mas’ud, diceritakan bahwa suatu hari Rasulullah bertanya kepada para sahabatnya, “Maukah kalian kutunjukkan orang-orang yang haram baginya tersentuh api neraka?.”

    Para sahabat pun langsung mengiyakan, “Mau, wahai Rasulullah.”

    Rasulullah pun menjawab dengan sabdanya: “Haram tersentuh api neraka yaitu Hayyin, Layyin, Qarib dan Sahl.

    BACA JUGA: 3 Manfaat dan Keutamaan Dalam Surat An Naba

    Berikut ini empat golongan manusia yang haram tersentuh api neraka.

    1. Hayyin

    Ia adalah orang yang memiliki ketenangan lahir dan bathin. Kehadiran orang seperti ini sangat menenangkan, teduh, meneduhkan dan tidak temperamental. Orang yang memiliki sifat hayyin bisa mengontrol pikiran, mengendalikan perasaan, juga hati dan sikapnya.

    2. Layyin

    Ia adalah orang-orang yang memiliki sikap dan sifat yang lemah lembut dan sopan santun. Pribadinya enggan untuk melukai, memojokkan, ataupun mempermalukan orang lain.

    3. Qarib

    Datang dari perilaku tawadhu atau rendah hati. Orang yang tawadhu akan nyaman dengan dirinya, sehingga orang lain pun nyaman bersamanya. Hal ini tentu berbeda dengan orang yang tinggi hati, merasa lebih hebat, lebih pintar atau lebih penting.

    4. Sahl 

    Ia adalah orang yang mudah dan tidak mempersulit suatu urusan. Ia tidak mau menjadi orang yang terlalu berbelit-belit. Baginya tidak semua sesuatu harus diperlakukan secara proporsional. Meskipun demikian karakter ini tidak mudah menggampangkan sebuah permasalahan.

    BACA JUGA: 6 Keistimewaan Surat At Takasur

    (Nendy/Berbagai Sumber)

    Berita Terbaru

    spot_img