spot_img
Kamis 23 September 2021
spot_img
spot_img

Lewat Aplikasi SIPP UMKM di Ciamis dapat Mengurus Izin Secara Online

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) Kabupaten Ciamis melaunching aplikasi sistem informasi pembinaan pelaku usaha (SIPP) dan mensosialisasikan Perbup no 39 tahun 2021, Rabu (15/9/2021).

Kepala KUKMP Ciamis, David Firdha mengatakan, aplikasi SIPP ini merupakan salah satu program yang sesuai dengan visi misi kabupaten Ciamis yaitu mantapnya kemandirian ekonomi, sejahtera untuk semua.

“Iya sesuai visi misi, aplikasi ini masuk misi yang ke tiga yaitu membangun perekonomian yang berbasis pemberdayaan masyarakat, ekonomi kerakyatan dan potensi unggulan lokal,” katanya.

BACA JUGA: Warga Bojongmengger Ciamis Temukan Jasad Gandir di Atas Pohon Sawo

Menurutnya, aplikasi SIPP ini untuk menopang pelaku UMKM Ciamis agar pemasarannya tepat sasaran. Kemudian aplikasi ini juga sesuai Perbup Ciamis no 39.

“Kemudian nantinya dengan adanya aplikasi ini DKUKMP Ciamis juga bisa tepat sasaran, dalam bidang pembinaan dan pendampingan bagi pelaku umkm,” katanya.

Davin menuturkan, sejauh ini data pelaku UMKM di Ciamis belum terkaji secara optimal. Maka dari itu, ini permasalahan utamanya untuk melakukan pembinaan.

“Dengan adanya aplikasi SIPP ini juga bisa bisa mengelola data UMKM Ciamis lebih terintegrasi lagi,” kata dia.

David menjelaskan, aplikasi ini nantinya punya keunggulan yaitu ada sistem pembinaan berbasis digital. Sudah tentu, para UMKM lebih mudah dalam memperoleh perizinan produk usahanya secara online dan juga bisa sekaligus memasarkan produknya.

“Pelayanan informasi, izin usaha, edukasi, pembinaan dan program lainnya yang mengandung pelaku UMKM ada di aplikasi SIPP ini,” katanya.

David harap dengan adanya aplikasi SIPP ini akan melahirkan UMKM yang tangguh dan menghasilkan produk-produk berkualitas dan punya daya saing.

“Dengan adanya aplikasi ini mudah-mudahan dapat membantu UMKM serta membantu visi misi kabupaten Ciamis,” kata dia.

BACA JUGA: Bayi Kembar 3 Hebohkan Warga Padaherang Pangandaran

Sementara itu, salah satu warga Ciamis Ayu mengaku terbantu dengan keberadaan aplikasi SIPP. Liblary produk UMKM Ciamis jadi lebih dapat diakses melalui gadget.

“Ya kita selaku konsumen/pembeli bisa pilih-pilih produk UMKM khas Ciamis sesuai dengan selera dan apa yang kita butuhkan. Cuma tinggal diperbanyak saja produknya,” kata dia.

(Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img