spot_img
Kamis 23 September 2021
spot_img
spot_img

FM-PP Ciamis Berikan Bantuan Permodalan Kepada UMKM

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Forum Mahasiswa dan Pemuda Pasundan (FM-PP) Ciamis menggelar kegiatan bakti sosial dengan memberikan bantuan modal kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kegiatan tersebut diberikan kepada UMKM Lembur Berseka yang berada di Desa Pawindan, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jabar. Rabu (15/9/2021).

“Ini kegiatan kami yang bertujuan untuk membangkitkan perekonomian masyarakat di desa-desa khusunya yang ada di wilayah Ciamis,” kata Ketua FM-PP Ciamis Yuda.

BACA JUGA: Lewat Aplikasi SIPP UMKM di Ciamis dapat Mengurus Izin Secara Online

Yuda mengatakan, kegiatan ini pun memiliki tujuan untuk memberikan gairah kepada masyarakat khusunya kaum milenial agar dapat mengembangkan potensi yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Karena saya lihat di wilayah Ciamis ini banyak potensi yang mesti digali yang nantinya bisa memajukan perekonomian masyarakat,” kata dia.

Dia menyebutkan pihaknya selama ini memang bergerak dalam sosial kemanusiaan untuk membantu para pelaku UMKM di wilayah yang memiliki 27 Kecamatan ini.

“Kegiatan ini telah menjadi rutinitas kami untuk membangun dan memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM, kami pun disini membantu penanaman modal bagi setiap masyarakat yang memiliki kemauan yang jelas,” kata dia.

Ciamis fokusjabar
Simbolis bantuan permodal dari FM-PP kepada UMKM. (Foto: Budiana Martin)

“Kita membantu memberikan kontribusi baik secara fasilitas ataupun materi, karena kami melihat sendiri kegiatannya sangat produktif,” kata dia menambahkan.

Selama ini pihaknya telah membantu dan membina pelaku usaha di Seluruh wilayah Kabupaten Ciamis.

“Untuk di wilayah kecamatan Ciamis ada sebanyak 20 UMKM yang telah kami bantu, sementara yang keseluruhan wilayah Ciamis ada sebanyak 60 UMKm,” kata Yuda.

Sementara itu, Ketua Lember, Sukmawijaya mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi dengan langkah anak muda yang tergabung dalam FM-PP ini.

“Disamping kegiatannya memotivasi mereka juga dapat menolong masyarakat supaya bisa bergeliat, apalagi dalam kondisi pandemi seperti saat ini,” katanya.

Tujuan FM-PP ini seiringan dengan Lembur Beseka, dimana sama-sama ingin memberdayakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

BACA JUGA: Minta Vaksin Terus Meningkat, Pemerintah Harus Kolaborasi

“Kami disini pun sangat terbantu terlebih kegiatan yang kami lakukan ini itu memiliki cita-cita agar dapat memberdayakan masyarakat khusunya ibu-ibu supaya tidak terlalu banyak melakukan hal yang ga jelas,” kata dia.

Jadi dengan adanya Lembur Berseka ini mereka dapat memanfaatkan aktivitasnya agar apa yang menjadi kebiasaan mereka seperti ngerumpi bisa beriiringan sama kegiatan yang positif.

Adapun yang dijadikan usaha disini itu dibidang pertanian yakni menanam jenis sayuran yang digarap oleh 40 ibu-ibu warga Desa Pawindan.

“Dan saya harapkan dengan dibantunya modal oleh teman-teman FM-PP ini membuat ibu-ibu terus beraktivitas dan berkarya untuk mencari rezeki menghidupi keluarganya,” kata dia.

(Budiana Martin/Anthika Asmara)

 

Artikel Lainnya

spot_img