spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Apple Rilis iPhone 13 Dini Hari Nanti, Ini Bocorannya

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Apple akan segera meluncurkan iPhone 13 hanya dalam waktu beberapa jam kedepan. Rencananya, peluncuran seri terbaru ponsel pintar keluaran perusahaan teknologi multinasional yang berpusat di Cupertino, California, ini digelar di Apple Park, Selasa (14/9/2021) waktu AS atau Rabu (15/9/2021) dini hari pukul 00.00 WIB.

    BACA JUGA: iPhone 13 Bakal Rilis di Apple Event? Ini Waktu dan Tanggalnya

    Namun sebelum resmi diluncurkan, berbagai kabar terkait iPhone 13 sudah digaungkan para analis dan pengamat smartphone jauh-jauh hari. Setidaknya ada enam rumor perting tentang penerus iPhone 12 itu seperti dikutip kumparan.com.

    1. Desain Bodi Tebal dengan Kamera Diagonal
    iPhone generasi terbaru ini dikabarkan hadir dalam empat model, mirip seri sebelumnya. Yakni ada versi Mini sebagai versi termurahnya, dengan dua di antaranya varian Pro yang kabarnya memiliki fitur lebih baik.

    Semuanya memiliki ukuran layar berbeda. Yakni 5,4 inci pada iPhone 13 Mini, 6,1 inci pada iPhone 13 dan iPhone 13 Pro, serta 6,7 inci pada iPhone Pro Max. Sedangkan untuk desain, tak memiliki banyak perubahan signifikan.

    Berdasarkan laporan MacRumors, iPhone keluaran 2021 ini lebih tebal dibanding iPhone 12. Ketebalannya meningkat sekitar 0,26 mm sehingga memiliki bobot lebih berat serta ada peningkatan dari sisi baterai.

    Di bodi belakang, ada sedikit perubahan pada iPhone 13 standar terutama dari sisi penampakan kameranya. Berdasarkan rumor yang beredar, IPhone 13 akan memiliki dua lensa (Wide dan Ultra Wide) yang tersusun secara diagonal, bukan vertikal seperti desain kamera di iPhone pendahulunya.

    Unit kamera belakang pada iPhone 13 Pro, disebut akan lebih besar dari segi ukuran untuk mengakomodasi teknologi sensor stabilitas. Seperti yang dibocorkan blogger teknologi, Sonny Dickson melalui akun twitternya.

    Sementara menurut analis Apple, Ming-Chi Kuo, iPhone 13 diprediksi mengusung notch atau poni yang lebih ramping. Lebar poni di atas layar iPhone terbaru ini menyusut menjadi 26,8 mm, yang di iPhone 12 hanya 34,83 mm. Meski lebarnya menyusut, menariknya tinggi poni iPhone 13 dirumorkan sedikit lebih tinggi menjadi 5,35 mm, dari 5,3 mm pada iPhone 12.

    2. Bisa Telepon Satelit?
    Ming-Chi Kuo pun memprediksi iPhone 13 memiliki teknologi satelit orbit rendah bumi (low earth orbit/LEO). Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan telepon, chat, hingga akses internet tanpa pulsa dan kuota.

    Kuo mengklaim, iPhone terbaru di tahun 2021 ini mampu terhubung langsung ke satelit orbit rendah bumi berkat modem internet Qualcomm X60 5G yang telah dikustomisasi Apple. Konektivitas dari satelit LEO dapat dipakai pengguna iPhone 13, jika operator seluler mereka bekerja sama dengan Globalstar.

    Kabar mengenai konektivitas internet dari satelit LEO di iPhone 13 ini pun disambut antusias para Apple fanboy. Pasalnya, teknologi ini tak hanya memperluas kemampuan seri terbaru iPhone untuk terkoneksi ke internet meski di luar cakupan jaringan, tetapi juga dapat berguna di situasi darurat saat tak ada sinyal.

    Namun fitur komunikasi satelit ini, menurut rumor yang beredar, hanya bisa digunakan dalam keadaan darurat. Bloomberg melaporkan, fungsi tersebut ‘belum siap sampai tahun depan,’ sehingga bisa saja batal dirilis Apple di iPhone seri teranyarnya ini.

    2. Layar Mulus ProMotion 120Hz dan Fitur Always-on
    Apple diprediksi akan mengimplementasikan teknologi refresh rate 120Hz pada iPhone 13. Perusahaan teknologi raksasa ini dikabarkan mengadopsi teknologi layar low-temperature polycrystalline oxide (LPTO).

    Layar OLED berteknologi backplane LTPO ini, dikabarkan akan disematkan di dua model iPhone 13 sehingga memberikan kemampuan refresh rate 120Hz hingga layar perangkat makin mulus. LTPO menawarkan backplane, atau papan sirkuit yang menghubungkan beberapa konektor secara paralel menjadi bus, yang hemat daya, bisa menghidupkan dan mematikan masing-masing pixel pada layar, serta memungkinkan daya hidup baterai lebih hemat.

    fokusjabar.id Apple iPhone 13
    (FOTO: WEB)

    Dua model yang memakai teknologi LPTO ini kemungkinan adalah versi Pro dan Pro Max. Itu sebabnya teknologi tersebut akan dibalut Apple dengan nama ‘ProMotion.’

    Tak hanya refresh rate 120Hz, dari sisi layar, iPhone 13 diprediksi memiliki fitur always-on layaknya Apple Watch. Artinya, layar iPhone terbaru ini bakal selalu menyala menampilkan waktu dan daya baterai, termasuk notifikasi, tanpa harus membuka perangkatnya.

    3. Baterai Jumbo dengan Adaptor 25W Fast Charging
    Untuk menunjang fitur layar Always-on dan refresh rate 120Hz, iPhone 13 dipastikan membutuhkan baterai yang memiliki daya tahan lebih lama. Menurut kabar, Apple akan menambah kapasitas baterai di ponsel pintar terbarunya tersebut.

    Seperti di iPhone 13 Pro Max, yang dikabarkan akan memiliki baterai 4352mAh. Lalu iPhone 13 dan iPhone 13 Pro akan dipasang dengan baterai berkapasitas 3095mAh. Dan iPhone 13 Mini dengan kapasitas baterai 2406mAh.

    Dengan dukungan cip prosesor A15, baterai di sseri iPhone teranyar ini pun akan lebih efisien. Khusus iPhone 13 Pro, Apple akan menyediakan fungsi yang bisa mengimbangi dampak konsumsi daya akibat fitur refresh rate tinggi.

    iPhone 13 series pun disebut-sebut akan memiliki kemampuan pengisian daya cepat alias fast charging. Plus dukungan adaptor berdaya 25W yang membuat proses pemngisian baterai lebih cepat.

    4. Welcome Memori 1 TB
    Untuk ruang penyimpanan, Apple dikabarkan tak tanggung-tanggung untuk iPhone yang akan segera diluncurkan ini. Opsi memori berkapasitas 1TB untuk pertama kali akan disematkan di iPhone. Khususnya di iPhone 13 Pro dan Pro Max. Untuk pilihan lain, tersedia kapasitas 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

    Untuk iPhone 13 standar dan versi Mini akan hadir dengan varian memori internal 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Opsi penyimpanan 64 GB, menurut laporan Kuo, dikabarkan sudah dihilangkan Apple di iPhone seri teranyarnya ini.

    fokusjabar.id Apple iPhone 13
    (FOTO: WEB)

    5. Kamera Bisa Astrophotography
    MacRumors menyebut, Apple akan memberikan peningkatan pada kemampuan kamera iPhone keluaran 2021 ini. Fitur sensor-shift stabilization menjadi peningkatan yang disematkan di setiap model, mulai dari Mini hingga Promax.

    iPhone 13 mini dan iPhone 13 standar akan menggunakan kamera belakang ganda yang masing-masing 12 MP berlensa Wide dan Ultra Wide. Sementara iPhone 13 Pro memiliki tiga kamera belakang masing-masing beresolusi 12 MP dengan lensa Wide, Ultra Wide, dan Telephoto.

    Untuk iPhone 13 Pro Max, meski memiliki pengaturan kamera yang sama dengan iPhone 13 Pro, ada fitur tambahan yang membuatnya berbeda dengan saudaranya. Model terbaik dari iPhone 13 ini memiliki sensor kedalaman LiDAR untuk memaksimalkan AR (Augmented Reality) dan fitur Astrophotography yang memungkinkan pengguna mengambil gambar langit malam berbintang dengan menggunakan AI dan kemampuan zoom lebih baik.

    Astrophotography ini didukung fitur Night Mode yang mampu mengenali langit malam dengan baik, membuat tampilan bintang di langit makin terlihat. Apple pun dikabarkan menghadirkan sistem algoritma baru yang bisa menganalisis struktur dan mempertajam foto, serta memberikan peningkatan warna gambar.

    6. Harga lebih mahal?
    Dengan berbagai peningkatan tersebut, tidak menutup kemungkinan iPhone 13 akan dibanderol dengan harga yang mahal. Berdasarkan rumor yang beredar, harga iPhone 13 akan dibanderol lebih tinggi dibanding seri pendahulunya. Banderol mahal dilakukan untuk mengimbangi peningkatan biaya produksi cip yang ditetapkan pemasoknya, TSMC.

    Menurut laporan DigiTimes, TSMC akan meningkatkan biaya produksi cip smartphone, termasuk iPhone. Manufaktur semikonduktor asal Taiwan itu menginformasikan kepada Apple dan pelanggan lainnya jika ada kenaikan biaya produksi sebesar 20 persen untuk teknologi pemrosesan cip terbarunya yang canggih.

    TSMC sendiri kabarnya akan memproduksi cip Apple A15 Bionic untuk iPhone 13. Prosesor tersebut diklaim masih menggunakan fabrikasi 5 nm dengan enam inti (core) pemrosesan, yang terdiri dari dua CPU berkinerja tinggi dan empat CPU hemat daya.

    Apple A15 Bionic ini ditopang dengan pengolahan grafis GPU empat inti, yang performanya diklaim 30 persen lebih baik daripada cip sebelumnya, A14 Bionic. Prosesor ini pun disematkan modem yang mendukung jaringan internet masa depan 5G. Semua varian iPhone 13 telah dibekali modem 5G untuk mendukung konektivitas internetnya.

    fokusjabar.id Apple iPhone 13
    (FOTO: WEB)

    Meski semua informasi yang disebutkan masih sebatas rumor, namun kehadiran iPhone 13 dipastikan sudah ditunggu-tunggu pada Apple fanboy. Untuk mendapatkan informasi yang valid terkait iPhone teranyar di tahun 2021 ini, kita tunggu peluncuran resmi yang akan digelar Apple pada Rabu (15/9) dini hari WIB nanti.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img