spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Waspadai Revenge Tourism, Disparbud Jabar Awasi Tempat Wisata

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kepala Dinas Pariwisatan dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar mewaspadai revenge tourism dengan melakukan mantauan ke sejumlah tempat pariwisata di Jabar.

    Disparbud bersama Dinas Kesahatan Jabar dan Satuan Polisi Pamong Praja Jabar melakukan operasi dan patauan terkait aturan penerapan protokol kesehatan, di 11 daerah yang berstatus level 2.

    “Operasi gabungan sudah dimulai dari Sabtu (11/92021). Hari ini (Minggu, (12/9/2021) ini berlanjut secara serentak. Kami antisipasi lonjakan pengunjung yang bisa mengabaikan protokol kesehatan. Imbauan dari Gubernur (Ridwan Kamil) kan jangan terjebak euforia,” kata dia dalam rilis yang diterima Senin (13/9/2021).

    BACA JUGA: Disparbud Jabar Siapkan Strategi Hadapi Relaksasi Tempat Wisata

    Hasil laporan sementara, penerapan protokol kesehatan sudah dijalankan secara ketat. Jumlah pengunjung pun tidak terlalu meningkat signifikan. Itu pun terjadi di salah satu tempat yang Dedi datangi, misalnya, Pantai Pangadaran.

    disparbud fokusjabar.id
    Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar Dedi Taufik, melakukan operasi gabungan bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jabar di Pangandaran. (foto: Instagram @deditaufik_)

    Selain meninjau pergerakan masyarakat dan pelaksanaan swab tes antigen yang digelar Dinas Kesehatan Provinsi Jabar, pihaknya membagikan masker kepada pengguna jalan yang masih abai protokol kesehatan.

    Dalam mendukung pelaksanaan testing di destinasi wisata, Dinas Kesehatan Jawa Barat menyebarkan masing-masing 1.500 buah sampel swab tes antigen ke dinas Kesehatan kabupaten.

    Hasil kegiatan tes swab antigen sementara di sejumlah titik pada 11 kabupaten, terkumpul 558 sampel. Hasilnya semua dinyatakan negatif COVID-19.

    “Beberapa tempat wisata pun sudah menyosialisasikan dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi. Pihak pengelola wisata juga sangat aktif untuk terus mengingatkan pengunjung agar menerapkan protokol kesehatan,” kata dia dia.

    BACA JUGA: Pacar Megan Fox Ribut Dengan McGregor di VMAs 2021

    Dedi berharap, tren positif penurunan kasus Covid-19 dan kedisiplinan semua pihak menjaga protokol kesehatan terus terjaga. Sehingga daerah yang masuk kategori level 2 bisa bertambah, industri pariwisata bisa tumbuh.

    (Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img