spot_img
Kamis 23 September 2021
spot_img
spot_img

10 Rahasia Oyong untuk Kesehatan dan Kecantikan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Oyong atau Gambas  (Luffa acutangula, suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan komoditas sayuran minor. Penanamannya biasanya dilakukan di pekarangan atau bagian ladang yang tidak digunakan untuk tanaman lain.

Oyong yang masih sekerabat dengan belustru (Luffa aegyptiaca) dipanen buahnya ketika masih muda dan diolah sebagai sayur.

Gambas pada dasarnya mudah hidup di mana saja. Tanaman ini termasuk tanaman merambat, yang membutuhkan iklim panas, dengan ketersediaan air yang cukup sepanjang musim.

Lingkungan tumbuh yang ideal bagi tanaman ini adalah di daerah yang bersuhu 18–24 °C dan kelembaban 50-60 persen.

oyong fokusjabar.id
(foto web)

BACA JUGA: 6 Manfaat Bawang Putih untuk Burung Murai Batu

Cara menanamnya tanam langsung dengan memasukan 2 biji ke dalam lubang sedalam 1– 2 cm kemudian ditimbun tanah. Panen mulai usia 3 bulan dan diulangi setiap seminggu sekali.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, tanaman ini membutuhkan tanah yang subur, gembur, banyak mengandung humus, beraerasi dan berdrainase baik, serta mempunyai pH 5,5–6,8.

Tanah yang paling ideal bagi budidaya oyong adalah jenis tanah liat berpasir, misalnya tanah latosol, aluvial, dan podsolik merah kuning.

Gambas rentan terhadap serangan hama kumbang daun, ulat grayak, ulat tanah, lalat buah, busuk daun, embun tepung, antraknos, layu bakteri dan virus mosaic.

Konon, tanaman ini dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah, yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Jawa Barat (Jabar) sebelum naik haji.

Untuk setiap 100 gram, Gambas mengandung 1,09 g protein, 17 mg kalsium, 1,6 mg zat besi, 5,6 lU vitamin A, 7 mg vitamin C

Gambas atau yang dikenal dengan Gambas merupakan sayuran jenis labu yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Mencegah Nyeri Otot

Nyeri otot bisa dicegah dengan mengonsumsi tanaman ini karena kandungan kalium yang  berguna untuk menyetabilkan cairan dan melemaskan otot. Sedangkan kekurangan kalium dalam tubuh dapat menyebabkan kram otot, kejang dan nyeri.

oyong fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

  1. Menjaga Fungsi Otak

Manfaat oyong yang tak bisa diremehkan adalah kandungan zat besi yang sangat penting bagi kesehatan otak.

Tanpa adanya zat besi, maka otak tidak akan menerima oksigen yang cukup sehingga menurunkan produktivitas otak.

Hal itu pula yang membuat kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menimbulkan rasa gelisah, lalai, dan lebih mudah tersinggung.

  1. Mengatasi Migrain

Magnesium yang terdapat pada oyong mampu mengatasi sakit kepala sebelah atau migrain. Hal tersebut dikarenakan magnesium berfungsi untuk menyeimbangkan neurotransmitter di dalam sel-sel saraf di otak.

oyong fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi magnesium sebanyak 300 mg mampu mengurangi sakit kepala akibat migrain.

  1. Mencegah Sakit Mata

Manfaat tanaman ini berasal dari banyaknya kandungan vitamin A yang ada di dalam gambas. Asupan vitamin A mampu mencegah dari degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi vitamin A, vitamin E, vitamin C, tembaga dan seng memiliki penurunan risiko sebesar 25% dari degenerasi makula selama enam tahun.

  1. Membuat Kulit Sehat

Gambas ternyata bermanfaat bagi kesehatan kulit. Hal tersebut dikarenakan banyaknya vitamin C dalam sayur Gambas yang mampu mencegah keriput, mengurangi kulit kering, dan mencegah penuaan dini.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Oyong juga bermanfaat untuk kesehatan jantung, hal itu dapat diperoleh dari vitamin B5 yang terkandung di dalamnya. Sebab, setiap 100 gram gambas mengandung vitamin B5 sebesar 0,829 mg.

  1. Mencegah Diabetes

Manfaat Gambas selanjutnya adalah mampu mencegah diabetes. Kandungan mangan yang terdapat dalam gambas merupakan faktor penting dalam memproduksi enzim pencernaan yang berguna untuk proses glukoneogenesis dalam tubuh.

  1. Membantu Mengobati Anemia

Tanaman ini merupakan sumber vitamin B6 yang sangat penting untuk menghasilkan hemoglobin dalam darah.

Hemoglobin inilah yang membantu memobilisasi zat besi dan membawa oksigen ke semua sel dalam tubuh. Sedangkan, anemia merupakan penyakit yang disebabkan kekurangan sel darah merah.

  1. Perangsang ASI

Rupanya biji oyong tidak hanya ampuh sebagai obat Diabates tapi juga sebagai perangsang Air Susu Ibu (ASI) karena bersifat laksatif yang mampu merangsang produksi air susu.

oyong fokusjabar.id
(foto web)

Anda yang sedang menyusui bisa mencoba untuk mengonsumsi biji oyong mulai dari sekarang.

  1. Melancarkan Pencernaan

Oyong bersifat dingin dan bijinya bersifat laksatif yang membantu membersihkan usus dari sisa makanan. Selain itu, bijinhya juga mampu meredakan panas dalam. Semoga Bermanfaat.

(Bambang Fouristian/berbagai sumber)

Artikel Lainnya

spot_img