spot_img
Kamis 23 September 2021
spot_img
spot_img

6 Manfaat Bawang Putih untuk Burung Murai Batu

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bawang Putih (Allium sativum) merupakan nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan.

Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah serta bumbu umum di Asia Tenggara serta Eropa.

Dikenal di dalam catatan Mesir Kuno digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

BACA JUGA: 10 Rahasia Telur Burung Puyuh untuk Kesehatan

Bawang mentah penuh dengan senyawa-senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut Alliin yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur.

Tak heran, jika Bawang Putih selain untuk penyedap masakan juga berkhasiat untuk kesehatan serta bisa digunakan sebagai suplemen tambahan pada burung Murai Batu (Kucica Hutan).

bawang putih fokusjabar.id
Ilustrasi (foto web)

Murai Batu termasuk ke dalam family Muscicpidae atau burung cacing yang tersebar di seluruh pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia dan sebagian pulau Jawa.

Beberapa pakar menganggap ras dari Kalimantan Utara (Murai Alis Putih) atau Copsychus malabaricus stricklandii sebagai spesies tersendiri.

Di habitat aslinya, burung ini cenderung memilih hutan alam yang rapat atau hutan sekunder. Kucica Hutan merupakan kelompok burung yang dikenal sebagai teritorial dan sangat kuat dalam mempertahankan wilayahnya (Thruses).

Burung ini memiliki suara kicauan yang bagus sehingga mendapat penghargaan terbaik atas nyanyiannya yang sangat indah pada tahun 1947 (The Best Song Birds – Delacour, 1947).

Murai Batu merupakan kelompok burung yang digemari di kalangan para pencinta kicauan karena memiliki suara atau spesifikasi kicauan yang sangat baik.

Untuk daerah Sumatra  khususnya, banyak sekali ditemukan jenisnya. Di antaranya, burung Kucica Hutan Aceh, Medan, Nias dan Burung Murai Lampung.

Penyebarannya di Pulau Jawa saat ini sangat terbatas dan hanya ditemukan di beberapa tempat yang berhutan. Yakni, di Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Meru Betiri dan Hutan Wisata Pananjung Pangandaran.

Penggunaan Bawang putih untuk murai batu aman karena berasal dari alam. Terlebih mempunyai khasiat yang sangat besar bagi kesehatan. Bawang putih juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih kuat dari penyakit.

Manfaatnya banyak sekali. Mulai dari meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai anti radikal bebas, juga secara tidak langsung akan meningkatkan performa burung.

Berikut manfaat Bawang Putih untuk Burung Murai:

  1. Anti Bakteri

Kita ketahui bahwa penyakit pada burung kicau sebagian besar disebabkan oleh bakteri. Bakteri ini banyak ditemukan pada air minum yang tidak higienis, makanan yang kurang bersih bahkan menyebar di udara sekitar.

bawang putih fokusjabar.id
Bawang Putih (foto web)

Pada bawang putih terdapat asilin yang dapat mencegah bakteri, beberapa bakteri yang bisa ditolak oleh asilin yaitu bakteri Salmonella, Escherichia, Streptococcus, Klebsiella, Bacillus dan lainnya.

  1. Anti Parasit

Selain bakteri asilin juga bisa mencegah atau menolak beberapa parasit yang mungkin saja masuk ke dalam tubuh si-burung.

  1. Anti Jamur

Jamur juga merupakan salah satu penyebab murai batu sakit, karena jamur bisa muncul disekitar kandang. Dengan mengkonsumsi bawang putih diharapkan burung murai batu bisa lebih sehat.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh adalah sistem pertahanan pada murai batu, sistem pertahanan diibaratkan tentara di dalam tubuh yang siap membunuh segala macam radikal bebas yang menyerang dan mencoba masuk kedalam tubuh.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, maka burung murai batu akan lebih tahan dari berbagai penyakit.

  1. Menghangatkan Tubuh

Bisa dimanfaatkan untuk penghangat tubuh khususnya jika musim dingin atau angin kumbang tiba. Angin dingin pada malam hari ini bisa membuat burung murai batu tidak sehat, mulai dari masuk angin, flu, snot dan lainnya.

Dengan memberikan bawang putih diharapkan bisa mencegah datangnya penyakit dari angin.

  1. Sembuhkan Luka

Jika murai batu mengalami cidera atau luka dengan memberikan bawang putih maka diharapkan lukanya akan cepat sembuh.

Cara Memberi Bawang Putih pada Burung

Penggemar burung di luar negeri biasanya menyediakan bawang putih untuk burung kenari, finch, merpati, hingga Perkutut dalam bentuk cairan atau jus.

Inilah cara membuat jus bawang putih:

Ambil beberapa siung segar bawang putih, tumbuk lalu dicuci bersih dengan air bersih. Setelah itu, campurkan ke dalam 1 cangkir air panas / hangat.

Biarkan selama beberapa menit sampai ekstrak bawang putih mencampur rata. Setelah disaring dan disimpan di gelas / tempat air minum burung.

Setelah dingin, berikan pada burung itu sebagai air minum.

Sedangkan untuk cara pemakan burung yang biasa di Indonesia adalah memotong bawang putih dalam bentuk skala kecil, lalu langsung di taruh pada tempat minum burung peliharaan.

Metode ini sering digunakan untuk burung dari keluarga merpati-merpatian, seperti merpati, Perkuutut, derkuku, dan puter. Burung-burung dari keluarga merpati-merpati lebih mudah beradaptasi dengan manusia, sehingga membuat burung dewasa bukanlah halangan.

(Bambang Fouristian/berbagai sumber)

Artikel Lainnya

spot_img